Translate

Minggu, 07 Oktober 2012

Tugas Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Individu, Keluarga dan Masyarakat


1) Pengertian Individu

Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan, demikian pendapat Dr. A. Lysen.

Individu menurut konsep Sosiologis berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahkluk ciptaan Tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.

1. Raga, merupakan bentuk jasad manusia yang khas yang dapat membedakan antara individu yang satu dengan yang lain, sekalipun dengan hakikat yang sama

2. Rasa, merupakan perasaan manusia yang dapat menangkap objek gerakan dari benda-benda isi alam semesta atau perasaan yang menyangkut dengan keindahan

3. Rasio atau akal pikiran, merupakan kelengkapan manusia untuk mengembangkan diri, mengatasi segala sesuatu yang diperlukan dalam diri tiap manusia dan merupakan alat untuk mencerna apa yang diterima oleh panca indera.

4. Rukun atau pergaulan hidup, merupakan bentuk sosialisasi dengan manusia dan hidup berdampingan satu sama lain secara harmonis, damai dan saling melengkapi. Rukun inilah yang dapat membantu manusia untuk membentuk suatu kelompok social yang sering disebut masyarakat

2) Pengertian Keluarga 
 
Ada beberapa pandangan atau anggapan mengenai keluarga. 
Menurut Sigmund Freud keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita. Lain halnya Adler berpendapat bahwa mahligai keluarga itu dibangun berdasarkan pda hasrat atau nafsu berkuasa.

 

Durkheim berpendapat bahwa keluarga adalah lembaga sosial sebagai hasil faktor-faktor politik , ekonomi dan keluarga.

Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh pendidikan berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial, enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itub untuk memuliakan masing-masing anggotanya.


3) Pengertian Masyarakat


Masyarakat merupakan salah satu satuan sosial sistem sosial, atau kesatuan hidup manusia. Istilah inggrisnya adalah society , sedangkan masyarakat itu sendiri berasal dari bahasa Arab Syakara yang berarti ikut serta atau partisipasi, kata Arab masyarakat berarti saling bergaul yang istilah ilmiahnya berinteraksi.

Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.

Ada beberapa pengertian masyarakat :

a. Menurut Selo Sumarjan (1974) masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama yang
menghasilkan kebudayaan

b. Menurut Koentjaraningrat (1994) masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi
menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu dan terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.

c. Menurut Ralph Linton (1968)
masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama dalam waktu yang relatif lama dan mampu membuat keteraturan dalam kehidupan bersama dan mereka menganggap sebagai satu kesatuan sosial.

d. Menurut Karl Marx, masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi

e. Menurut Emile Durkheim, masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.

f. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut

Tatanan kehidupan, norma-norma yang mereka miliki itulah yang dapat menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri kehidupan yang khas.



Jumat, 05 Oktober 2012

TUGAS ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1B

TUGAS ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1B
MENGENAI PROGRAM UNTUK MENGHITUNG GAJI BURUH

CLS
PRINT "MENGHITUNG UPAH BURUH"
INPUT "NIB="; NIB$                                           
INPUT "NAMA"; NM$
INPUT "JAN KERJA"; JAM
INPUT "JUMLAH ANAK"; ANAK
GATOR = (JAM * 2500) + (ANAK * 100000)
GABER = GATOR - (GATOR * 5 / 100)
PRINT "GAJI KOTOR ="; GATOR
PRINT "GAJI BERSIH ="; GABER
INPUT "HITUNG LAGI= [Y/N] "; HITUNG$

SELECT CASE HITUNG
CASE Y

CLS
PRINT "MENGHITUNG UPAH BURUH"
INPUT "NIB="; NIB$                                           
INPUT "NAMA"; NM$
INPUT "JAN KERJA"; JAM
INPUT "JUMLAH ANAK"; ANAK
GATOR = (JAM * 2500) + (ANAK * 100000)
GABER = GATOR - (GATOR * 5 / 100)
PRINT "GAJI KOTOR ="; GATOR
PRINT "GAJI BERSIH ="; GABER
INPUT "HITUNG LAGI= [Y/N] "; HITUNG$

CASE N
END

END SELECT

keterangan :
-kata yang di belakang tanda (;) merupakan variabel yang bersifat bebas
-tanda ($) merupakan tipe data dari variabel tersebut (tipedata string)
-GATOR merupakan gaji kotor (variabel bersifat bebas)
-GABER merupakan gaji bersih (variabel bersifat bebas)

disini gw menggunakan SELECT CASE (pemilihan masalah)
karena menurut gw koding'a lebih gampang dan simple , jika ada yang gk ngerti komen aja di artikel ini
insal allah gw akan jawab ,

SEMOGA BERMANFAAT

Rabu, 03 Oktober 2012

Manipulasi Sketsa Kapur


Manipulasi Sketsa Kapur.

Written By Maulana Ardi on Selasa, 26 Juli 2011 | 02:53

Sebelum memulai tutorial ini,silahkan lihat hasil akhir yang akan kita peroleh.




Resource yang Dibutuhkan

Untuk mengikuti tutorial ini, silakan ambil terlebih dahulu resource berikut:

Tutorial

Langkah 1: Membuat sketsa kapur.

Download dan buka gambar Oldtimer
 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 2

Pilih menu Filter>Stylize>Find edges.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 3

Tekan Ctrl+Shift+U untuk merubah foto menjadi grayscale.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 4

Tekan Ctrl+I untuk membalik warna gambar.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 5

Pilih menu Image>Adjustment>Brightness/contrast,lakukan pengaturan seperti berikut
.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 6

Selanjutnya pilih menu Filter>Artistic>Rough pastels,ikuti pengaturan berikut untuk mendapatkan efek goresan kapur yang lebih kasar.


 

 

 

 

 

 

 

Langkah 7

Tekan Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh bidang layer lalu tekan Ctrl+C.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 8:Memasukan sketsa.

Buka gambar Papan tulis ,lalu tekan Ctrl+V maka gambar sketsa akan tersimpan ke dalam kanvas.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 9

Ubah blending mode menjadi screen dengan opacity 57%.


 

 

 

 

 

 

 

Langkah 10

Buat layer baru diatas background aktifkan tool brush lakukan goresan pada papan seperti gambar
berikut.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 11

Pilih menu Filter>Noise>Add noise,lakukan pengaturan seperti gambar berikut.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 12

Beri gaussian blur dengan settingan berikut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 13

Kembali ke layer background aktifkan tool magic wand klik bagian putih papan tulis untuk menyeleksi area luar papan tulis,balik seleksi Shift+Ctrl+I lalu tekan Ctrl+J untuk menduplikat bagian yang terseleksi.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 14

Tambahkan layer style pada layer duplikat lihat settingn berikut.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 15

Aktifkan tool magic wand klik dibagian dalam papan tulis untuk membuat seleksi dibagian papan yang berwarna hijau.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 16

Tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer klik kanan pada layer lalu pilih clear layer style.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 17

Tahan Ctrl klik dilayer thumbnail untuk membuat seleksi.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 18

Tekan D untuk mereset warna foreground dan background menjadi hitam-putih lalu tekan Alt+Delete untuk mengisi seleksi dengan warna hitam,hilangkan seleksi Ctrl+D.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 19

Duplikat layer Ctrl+J pilih menu Filter>Noise>Add noise,beri gaussian blur lalu tekan Alt+Ctrl+G untuk menjadikan layer clipping mask.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 20

Buat layer baru,aktifkan tool brush lukis diatas papan dengan brush lembut warna putih beri gaussian blur lalu tekan Alt+Ctrl+G,turunkan opacity layer menjadi 48%.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 21

Seleksi seluruh layer kecuali layer background lalu tekan Ctrl+G untuk membuat group beri nama Blackboard.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 22

Aktifkan layer background ,tekan D isikan layer background dengan warna putih Ctrl+Delete.


 

 

 

 

 

 

 

Langkah 23

Aktifkan layer group Blackboard tekan Ctrl+T lakukan pengaturan ukuran dan letak seperti gambar berikut.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 24

Buka gambar student buat seleksi lalu simpan didalam kanvas seperti gambar berikut.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 25

Pilih menu Layer>New ajustment layer>Photo filter.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 26

Tambahkan contrast pada gambar dengan settingan berikut.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 27

Buat layer baru,tekan Ctrl+A pilih menu Edit>Stroke isikan nilai width:30 warna hitam,beri gaussian blur turunkan opacity layer menjadi 42%,tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Akhir.

Melalui tutorial ini saya harap anda dapat mempelajari cara merubah foto menjadi sketsa kapur langkah demi langkah,memaksimalkan fungsi filter dalam Photoshop.Jika ada saran/komentar,silahkan tuliskan dikolom komentar di bawah.Terima kasih.

Di bawah adalah hasil akhir tutorial yang kita peroleh.
Sumber : http://coretanku27.blogspot.com/2011/07/manipulasi-sketsa-kapur_26.html

Kondisi (IF) dan Pengulangan (looping) Pada Quick Basic



Kondisi dan Pengulangan Pada Quick Basic



oke saat ini saya sedang belajar pengulangan dan kondisi pada Qbasic
semoga pembelajaran ini bisa membantu kamu juga ya

oiya sebelum kamu baca artikel ini silakan baca sebelumnya di Qbasic  
untuk download aplikasi Qbasic dan BASIC dari Qbasic itu sendiri 


CLS (Clean Screen) untuk menghapus layar dari tampilan yang sebelumnya
DATA 52, 66 maksudnya adalah data yang diterima adalah angka 52, 56
dan di READ (baca) dengan variabel A, B

LET (Memberikan harga suatu variabel) jadi data 52, 66 akan di tambah dan dibagi 2 yang menghasilkan X
if (jika) X lebih besar dari 52 sampai 70
maka hasil yang diperoleh PRINT (cetakan) "MAHASISWA GAGAL"
tapi tidak terjadi bila angka yang dihasilkan 80,
karna akan menghasilkan PRINT (cetakan) "MAHASISWA LULUS"
dan di akhiri dengan END 


 

CLS (Clean Screen) untuk menghapus layar dari tampilan yang sebelumnya
INPUT (masukan) untuk variabel  "MASUKAN NILAI" dengan variable A numeric
if (jika) variable A lebih dari 70 menghasilkan

PRINT (cetakan) "MAHASISWA LULUS"
tapi bila dibawah 70 maka hasil PRINT (cetakan) "MAHASISWA TIDAK LULUS"
dan untuk mengakhiri semua variabel gunakan END IF


 

CLS (Clean Screen) untuk menghapus layar dari tampilan yang sebelumnya
pertama PRINT (cetak) untuk mencetak nama suatu variable ketika ditampilkan, misalnya MENU MAKANAN
Lalu ketik PRINT (cetak) untuk mencetak nama suatu variable pada MENU MAKANANNYA. Seperti 1.PECEL AYAM, 2. PECEL LELE, 3. NASI GORENG

Tidak lupa membuat Perintah INPUT (masukan) untuk variabel 
“MASUKAN PILIHAN (1,2,3)” dengan variable A

Lalu berikan perintah SELECT CASE untuk menyeleksi atau mengeksekusi kondisi yang ditest, sehingga perintah CASE ini berlaku untuk variable antara 1-3 saja

dan akhiri semua dengan END
dan jangan lupa END SELECT untuk mengakhiri SELECT CASE


beberapa pertanyaan dan jawabannya

  1. Apa yang dimaksud dengan perulangan pada Qbasic?
  2. Sebutkan dan jelaskan perulangan yang ada pada Qbasic!
  3. Buat contoh program while-wend
 
1. Perulangan pada Qbasic merupakan suatu kondisi yang memenuhi untuk melakukan perulangan statement tertentu sampai kondisi tersebut tidak terpenuhi sehingga perulangan dihentikan. 

2. Jenis perulangan pada QBasic, yaitu :
FOR … NEXT adalah untuk mengulangi suatu perintah (instruksi) dalam jumlah yang telah ditentukan, serta besar kenaikannya.
- DO WHILE … LOOP adalah untuk mengulangi suatu perintah (instruksi) selama   
While (suatu kondisi) memenuhi syarat (bernilai TRUE) dan akan berhenti apabila while tidak lagi memenuhi syarat (bernilai FALSE).
-WHILE …. WEND adalah sama dengan DO WHILE … LOOP, Tapi WHILE …WEND bentuk penulisannya hanya satu dan tidak memiliki perintah Exit untuk memberhentikan proses yang 
berulang-ulang sebelum berakhir.

3.
CLS
HITUNG = 0
WHILE HITUNG < 7
              PRINT HITUNG
              HITUNG = HITUNG + 1
WEND
PRINT  “PROSES PENGULANGAN SELESAI”
PRINT  “KARENA NILAI VARIABEL HITUNG =  “; HITUNG
END



download juga pdf'a di : 
AP1 SI M1 di http://www.mediafire.com/view/?xc511n9jj9t5upa
AP1 SI M2 di http://www.mediafire.com/view/?peehqiu48f8irf7


Membuat Aplikasi Android,


ra Membuat Aplikasi Androidmembuat aplikasi android sendiriterbilang mudah juga ternyata,bahkan 


Cara Membuat Aplikasi Android
Cara Membuat Aplikasi Android

  1. Silahkan buka http://www.android3apps.com/
  2. Klik get started untuk memulai membuat aplikasi android secara online

    Cara Membuat Aplikasi Android infonetmu
  3. Lakukan step demi stepnya,step pertamu kamu pilih aplikasi android yang ingin kamu buat.

    Cara Membuat Aplikasi Android sendiri
  4. Setelah melakukan step pertama ini kamu akan diminta memasukkan kategory,email dan lain2.

    Cara Membuat Aplikasi Android
  5. Nah, laukan step berikutnya hingga selesei ya sob.
Demikian sedikit tips dari infonetmu tentang Cara Membuat Aplikasi Android, semoga bermanfaat.
Baca juga artikel tentang Download Mig33 Untuk Android dan Mig33 Android V

Sumber : http://infonetmu.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-aplikasi-android.html

Senin, 01 Oktober 2012

Modul Praktek Fakultas Ilmu Komputer (sistem informasi)




    Modul Fakultas Ilmu Komputer

Sumber : http://www.ilab.gunadarma.ac.id/Info/index.php?option=com_content&view=article&id=162&Itemid=128


MODUL FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Jurusan
Praktikum
Nama Praktikum
Kode Mata Kuliah
Peserta Praktikum
Download Modul Pertemuan
Minggu
1
Minggu  2
Minggu  3
Minggu  4
Minggu  5
Minggu  6
Minggu  7
Sistem Informasi
Sistem Basis Data 1
AK011317
3-KA (S1 Sistem Informasi)
M1M2M3M4M5M6M7
Pemrograman Berorientasi Objek
AK011312
3-KA (S1 Siste#mce_temp_url#m Informasi)
M1M2M3M4M5M6M7
Teknik Pemrograman Terstruktur 1
IT011230
2-KA (S1 Sistem Informasi)
M1M2M3M4M5M6M7
Matematika Lanjut 1
IT011212
2-KA (S1 Sistem Informasi)
M1M2M3M4M5M6M7
Statistika 1
IT011226
2- KA(S1-Sistem Informasi )
M1M2M3M4M5M6M7
Pengantar Teknologi Sistem Informasi
IT011416
1-KA (S1 Sistem Informasi)
M1M2M3M4M5M6M7
Prak. Algoritma & Pemrograman 1
IT011119
1-KA (S1-Sistem Informasi )
M1M2M3M4M5M6M