Translate

Kamis, 27 November 2014

Tugas Keempat matkul Bahasa Indonesia #



Tugas 4:
Hutan lindung (Protection Forest) merupakan hutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk dilindungi. Hutan lindung mempunyai beberapa fungsi ekologis. Salah satu fungsi ekologis tersebut adalah tata air dan kesuburan tanah. Selain berfungsi sebagai mengelola tata air, hutan lindung juga bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Hutan lindung juga mampu memberikan perlindungan kepada kawasan sekitar sebagai pencegah banjir dan erosi, menjaga habitat asli binatang liar, serta menyimpan cadangan air tanah. Oleh karena itu,  hutan lindung harus dijaga kelestariannya sebagai warisan leluhur dan kekayaan alam yang tidak ternilai harganya,

Tugas Ke-7 matkul Bahasa Indonesia #

“Pengembangan kurikulum dapat memenuhi unsur untuk menjadikan peserta didik menjadi gemar belajar, gemar bersosialisasi, dan gemar berkarya” (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, 2014).  Kurikulum merupakan metode belajar yang diterapkan pada siswa di sekolah. Kurikulum mempunyai pengaruh besar terhadap proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar yang diinginkan oleh siswa tidak adanya tekanan. Sehingga siswa merasa seperti berada di taman belajar. Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara  berpesan : “Dalam pengembangan kurikulum tempatkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi peserta didik,”.

Perkembangan kurikulum tidak luput dari pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tidak hanya merupakan sebuah kekuatan yang potensial namun telah menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam persaingan antar bangsa di berbagai bidang. Dalam ketatnya persaingan tersebut, faktor SDM menjadi perhatian yang utama, hal ini dikarenakan secanggih apapun teknologi yang dimiliki, tidak akan memberikan hasil yang optimal apabila SDM yang ada belum dibekali dengan kompetensi, profesionalisme, dan kreativitas yang diperlukan dalam mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan sarana dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah ada. Hal itu pun tidak luput dari pengaruh globalisasi dan kemajuan Iptek. Berbagai pendekatan dan sarana pembelajaran semakin berkembang seiring dengan tumbuhnya kesadaran dan keinginan untuk mengoptimalkan potensi unik yang dimiliki setiap siswa. Salah satu model pembelajaran yang dianggap sesuai dan mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi adalah E-learning.

E-learning memadukan potensi yang ada dalam ilmu pengetahuan dan mengemasnya melalui sarana teknologi yang canggih, sehingga baik ilmu pengetahuan maupun teknologi yang digunakan akan terus berkembang dalam proses pemanfaatannya. Dengan demikian pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran merupakan salah satu perkembangan yang tidak hanya terjadi dalam bidang pendidikan, namun juga dalam bidang teknologi. E-learning  akan terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Aplikasi E-learning pun kian luas hampir mencangkup seluruh aspek kehidupan modern.
DAFTAR PUSTAKA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014 Pengembangan Kurikulum www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/3667

Hartoyo.2010 Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Pelita Insani Semarang

Tugas ke-6 matkul Bahasa Indonesia #

Tugas 6 :

Minat belajar mahasiswa merupakan suatu hal penting untuk meningkatkan motivasi dalam mempelajari sesuatu. Tidak sedikit mahasiswa belum mempunyai minat belajar terhadap hal-hal baru. Beberapa mahasiswa tidak punya minat untuk belajar bisa dilihat dari sikap tidak peduli terhadap proses pembelajaran di kelas.

            Tanggapan hal sulit sebelum mencoba merupakan salah satu penyebab kurangnya minat belajar mahasiswa. Selain itu kejenuhan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas dapat membuat mahasiswa merasa cepat lelah sehingga dapat mengurangi konsentrasi belajar. Tetapi setiap mahasiswa memiliki minat belajar yang berbeda-beda tergantung dari motivasi yang dimiliki masing-masing mahasiswa.

Jumat, 24 Oktober 2014

Tugas Ketiga matkul Bahasa Indonesia #



Ibu saya dilahirkan pada 14 Juli 1966 di Jakarta.
      S         P                            K      
  
Ibu saya merupakan seorang yang sangat taat beribadah.
      S               P                                 O

Ia tidak pernah melewatkan shalat wajib.
S                     P                         O

Ibu saya ditinggal oleh ayahnya  pada waktu duduk di bangku SMP.
       S            P                     O                                    K

Ibu saya memiliki hobi memasak.
      S           P                O

Ia suka membaca buku-buku resep masakan.
S         P                          O

Ibu saya mencari resep melalui internet.
     S          P          O              K

Ia suka membuat makanan setelah ia membaca buku resep makanan.
S         P                     O                                 Pel

Ibu saya selalu membuat menu baru setiap hari .
      S               P                       O                         K

Oleh karena itu, saya tidak pernah bosan dengan masakannya.
                               S              P                                Pel.