Translate

Kamis, 19 September 2013

Struktur Pemograman Cobol


Struktur Program COBOL

Struktur Program Cobol
Struktur utama program COBOL terdiri dari 4 divisi utama yaitu :
IDENTIFICATION DIVISION.ENVIRONMENT DIVISION. DATA DIVISION. PROCEDURE DIVISION.Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap divisi :
  • IDENTIFICATION DIVISION : Dari nama divisi-nya kita dapat menyimpulkan kegunaan dari divisi ini yaitu sebagai identifikasi program COBOL yang kita buat misalnya nama pembuat (AUTHOR) dan nama program (PROGRAM-ID). Contoh : IDENTIFICATION DIVISION. PROGRAM-ID. CONTOH. AUTHOR. SAYA.
  • ENVIRONMENT DIVISION : Divisi ini berguna untuk memberikan informasi peralatan yang digunakan dalam program, dibagi menjadi 2 section yaitu CONFIGURATION SECTION dan INPUT-OUTPUT SECTION. CONFIGURATION SECTION bersifat optional (boleh tidak ditulis) yang berisi tentang peralatan hardware yang digunakan program. INPUT-OUTPUT SECTION, section ini digunakan untuk operasi file (akan dijelaskan kemudian). Contoh : ENVIRONMENT DIVISION. CONFIGURATION SECTION. SOURCE-COMPUTER. IBM-PC. OBJECT-COMPUTER. IBM-PC.
  • DATA DIVISION : Divisi ini berguna untuk mendeskripsikan variable-variabel dan jenis tipe data yang digunakan dalam program COBOL. Divisi ini memiliki 5 section yaitu:
1.      FILE SECTION.
2.      WORKING-STORAGE SECTION.
3.      SCREEN SECTION.
4.      LINKAGE SECTION.
5.      REPORT SECTION.
Diantara 5 section yang disebutkan diatas yang paling sering digunakan adalah WORKING-STORAGE SECTION, SCREEN SECTION dan FILE SECTION.
WORKING-STORAGE SECTION digunakan untuk mendeklarasikan variable dan tipe data yang digunakan dalam program COBOL. SCREEN SECTION digunakan untuk menentukan format layar tampilan baik input atau output. Dan FILE SECTION berguna untuk operasi file (akan dijelaskan kemudian). Contoh :




DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
01 MASUKAN.
02 NAMA PIC X(20).
02 NPM PIC X(8). SCREEN SECTION.
01 HAPUS-LAYAR.
02 BLANK SCREEN.

·         PROCEDURE DIVISION : Divisi ini merupakan inti dari bahasa pemrograman COBOL karena pada divisi inilah semua statement instruksi dibuat. Misalnya DISPLAY, ACCEPT dan STOP RUN. DISPLAY di gunakan untuk output, ACCEPT untuk menerima input dan STOP RUN untuk menghentikan proses program.

contoh Program sederhana :
1 IDENTIFICATION DIVISION.
2 PROGRAM-ID. CONTOH.
3 AUTHOR. SAYA.
4 ENVIRONMENT DIVISION.
5 CONFIGURATION SECTION.
6 SOURCE-COMPUTER. IBM-PC.
7 OBJECT-COMPUTER. IBM-PC.
8 DATA DIVISION.
9 WORKING-STORAGE SECTION.
10 01 MASUKAN.
11 02 NAMA PIC X(20).
12 02 NPM PIC X(8).
13 SCREEN SECTION.
14 01 HAPUS-LAYAR.
15 02 BLANK SCREEN.
16 PROCEDURE DIVISION.
17 MASUKKAN-DATA.
18 DISPLAY HAPUS-LAYAR.
19 DISPLAY 'NAMA : '.
20 ACCEPT NAMA.
21 DISPLAY 'NPM : '.
22 ACCEPT NPM.
23 SELESAI.
24 STOP RUN.

PENGERTIAN FILE,RECORD,FIELD,AND CHARACTER
v  File
File merupakan kumpulan dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada, Kusumo Ario Suryo
v  Record
Record merupakan kumpulan dari field membentuk suatu recordRecordmenggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari recordmembentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan, Kusumo Ario Suryo
v  Field
Field merupakan presentasi suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item data/field, seperti misalnya nama, alamat, dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record, Kusumo Ario Suryo [10].
a)      Field Name : harus diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan yang lain.
b.)    Field Representation : tipe field (karakter, teks, tanggal, angka, dan sebagainya), lebar field (ruang maksimum yang dapat diisi dengan karakter-karakter data).
c.)    Field Value : isi dari field untuk masing-masing record.
v  Characters
Characters merupakan bagian terkecil, dapat berupa karakter numeric, huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data/field, Kusumo Ario Suryo.

SYARAT-SYARAT/ATURAN PEMBERIAN NAMA COBOL
1. Gabungan dari huruf A-Z atau a-z, angka 0-9, Hypen (-).
2. Panjang maksimum 30 karakter.
3. Paling sedikit harus mengandung 1 huruf.
4. tidak boleh mengandung karakter khusus kecuali hypen yang diletakkan ditengah-tengah, tidak boleh diawal atau diakhir.
5. Tidak boleh mengandung COBOL reserved word.
6. Tidak boleh ada blank atau spasi
.
FIELD atau DATA ITEM
Adalah bagian terkecil dari record, yang merupakan kumpulan dari karakter – karakter yang membentuk sebuah informasi.
Data item dapat terdiri dari :
a. Numerik ( numeric ) terdiri dari 0 s/d 9, + , -
b. Alphabetik ( Alphabetic ) terdiri dari A s/d Z , spasi
c. Alphanumerik ( Alphanumeric ) terdiri dari numeric dan alphanumeric

LANGKAH- LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM COBOL :

1. Memahami masalah yang akan di programkan
2. Menggunakan FlowChart
3. Menulis program di coding form
4. Membuat source program, extension .COB
5. Mencompile program :
Source Program à Object Program
6. Membuat Excecutable program, extension EXE.
7. EXE program dapat dijalankan.

Struktur Utama dari suatu program COBOL terdiri dari 4 DIVISI , yaitu :
* IDENTIFICATION DIVISION
* ENVIRONMENT DIVISION
* DATA DIVISION
* PROCEDURE DIVISION
Dari ke-4 divisi tersebut terdapat susunan hirarki :
* Division.
* Region.
* Section.
* Paragraph.
* Sentence/Entry.
* Statement/Clause.
* Phrase/Option.
Istilah region , sentence , statement dan phrase / option dig pada PROCEDURE DIVISION, sedangkan entry dan clause digunakan pada ke 3 divisi lainnya.
* Division Adalah bagian utama dari suatu program COBOL dan harus diawali dengan suatu judul divisi.
* Region Adalah kumpulan bagian tertentu di dalam Procedure.
* Section Adalah satu kumpulan dari paragraph atau entry.
* Paragraph adalah suatu group dari kalimat (sentences) didalam Procedure Division dan harus diawali dengan nama-paragraph atau judul paragraph.
* Entry adalah suatu yang harus dituliskan pada tempat-tempat tertentu di dalam suatu program COBOL.
* Sentence adalah suatu kumpulan dari satu atau lebih statement (pernyataan).
* Clause Adalah kumpulan dari kata (word) yang membentuk suatu arti. Clause adalah bagian dari entry.
* Statement adalah perintah pengerjaan untuk komputer.
* Phrase adalah suatu group kata yang merupakan bagian dari statement atau clause.
* Option atau Optional Adalah sesuatu yang boleh disertakan, boleh juga tidak.

COBOL RESERVED WORD DAN USER DEFINED WORD

Cobol Reserved Word
Adalah kata yang telah didefinisikan yang mempunyai arti dan kegunaan tertentu dalam bahasa COBOL. Kata tersebut tidak boleh dipergunakan oleh programmer untuk nama-data dll kecuali dalam bentuk yang telah ditentukan oleh bahasa COBOL itu sendiri.
Contoh : ACCEPT, ADD, AND, BY, AFTER, dsb.

User Defined Word
Kata-kata yang dapat dibuat dan telah didefinisikan oleh programmer untuk : Nama-program, Nama-alat, Nama-file, Nama-record, Nama-data, Nama-indek dan nama-data-indek, Nama-kondisi, Nama-prosedure, Nama-seksi, Nama-kualifikasi.

1. Nama-program (program-name) adalah suatu nama yang diberikan untuk menunjukkan identitas dari program yang dibuat, dituliskan pada paragraph PROGRAM-ID dalam IDENTIFICATION DIVISION.
2. Nama-alat (mnemonic-name) adalah nama yang dibuat oleh programmer untuk menunjukkan suatu alat tertentu. Dibentuk pada paragraph SPECIAL-NAMES dalam ENVIRONMENTDIVISION.
3. Nama-file (file-name) adalah nama yang dibuat untuk menunjukkan suatu file tertentu yang dipergunakan dalam program. Dibentuk pada paragraph FD (File Description) dalam DATA DIVISION atau pada statement CLOSE< OPEN< READ dalam PROCEDURE DIVISION.
4. Nama-record, pada COBOL, record harus diberi nama-record (Record-name) pada DATA RECORD clause dan pada record description entry dalam DATA DIVISION.
5. Nama-data (data-name) adalah nama yang dibuat untuk menunjukkan suatu data item yang dipergunakan dalam program. Dibentuk pada FILE SECTION di record description entry dalam DATA DIVISION dan pada WORKING-STORAGE SECTION.
6. Nama-indek dan nama-data-indek, digunakan untuk data pada tabel yang di-indek. Dibentuk secara implisit dengan OCCURS dan INDEXED BY clause. Nama-data-indek didefinisikan dengan mengunakan USAGE IS INDEX dalam DATA DIVISION.
7. Nama-kondisi (condition-name) adalah nama data yang dihubungkan dengan suatu nilai tertentu. Didefinisikan dalam DATA DIVISION dengan level number 88 dan dioperasikan dalam PROCEDURE DIVISION pada statement IF.
8. Nama-prosedur (procedure-name) atau nama-paragraph (paragraph-name) adalah nama yang menunjukkan suatu paragraph dalam PROCEDURE DIVISION. Nama-paragraph diperlukan bila proses akan melompat ke paragraph tertentu dengan menggunakan statement GO TO dan PERFORM dalam PROCEDURE DIVISION.
9. Nama-seksi , pada PROCEDURE DIVISION, dapat dibuat menjadi beberapa seksi dan tiap seksi dapat dibentuk dengan dimulai judul seksinya yang disebut dengan Section-name.
10. Nama-kualifikasi bila nama-data atau nama-kondisi tidak unik (ada yang sama satu dengan yang lain), untuk menentukan yang mana yang akan digunakan, dapat digunakan qualifie



ATURAN PENULISAN SOURCE PROGRAM KOLOM 1-80 :
Kolom yang tersedia untuk menulis program Cobol (1-80) :
Kolom 1-6 : Untuk nomor urut bila diperlukan (optional) dan nomor yang diberikan harus urut ascending.
Kolom 7 :
§ Untuk tanda hypen (-), baris sambungannya dimulai di area B.
§ Bila diisi dengan tanda *, maka baris tersebut dianggap sebagai komentar.
§ Bila diisi dengan slash (/), maka baris tersebut dianggap sebagai komentar dan akan dicetak mulai halaman baru teratas. Bila source program dicetak di printer
§ Bila diisi dengan karakter D, maka akan dianggap sebagai komentar. Tetapi bila pada Environment division dalam paragraph Source-Computer disebutkan With Debugging Mode, maka akan berguna untuk tujuan debugging.
Kolom 8-11 : Disebut area A. Tempat menuliskan semua judul divisi, judul seksi, nama paragraph, judul file description (FD), level number 01 dan level number 77 ditulis mulai kolom ke – 8.
Kolom 12-72 : Disebut area B.Tempat penulisan semua elemen program selain yang ditulis diarea A ditulis pada area B.
Kolom 73-80 : Untuk komentar atau dokumentasi program.


Semoga Bermanfaat :D

Rabu, 19 Juni 2013

Program Sederhana Simpan, Edit, Hapus pada Visual Basic 6.0

Program Sederhana Simpan, Edit, Hapus pada Visual Basic 6.0

Setelah membahas tentang pembuatan database dan cara koneksinya, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat perintah simpan, edit dan hapus data pada database di visual basic.
pada pembuatan program kali ini struktur database yang akan saya gunakan adalah sebagai berikut :
nama database = DBData
nama tabel = mhs
field dari tabel mhs = nrp, nama, jurusan
type data = text

Untuk keterangan bagaimana cara membuat database silahkan lihat pada artikel sebelumnya.
Jika sudah membuat database, untuk koneksi dan menampilkan data dari tabel database kali ini saya akan menggunakan komponen Data, dan DBGrid.


 Setelah menambahkan component DBGrid pada Toolbox, buatlah desain form seperti ini :




Untuk cara koneksi database nya, pada Properties Data1 > DatabaseName cari dan buka file DBData.mdb yang telah kita buat. kemudian masih pada Properties Data1 > Recordsource, pilih = mhs.
seperti pada gambar berikut :




Setelah itu pada DBGrid1 Properties > DataSource atur menjadi Data1.





Sampai disini kita sudah berhasil mengkoneksikan database dengan menggunakan Data1.,
Setelah database sudah terkoneksi dengan form, sekarang kita akan membuat perintah simpan, edit, hapus pada command button.
Pertama klik 2 kali pada Command Button Simpan, kemudian ketikkan koding berikut ini pada jendela kode :

Private Sub Command1_Click()
'Addnew = untuk membuat atau menambah data baru
Data1.Recordset.AddNew
'perintah untuk menyimpan data yang di inputkan pada textbox ke dalam field database
Data1.Recordset!nrp = Text1.Text
Data1.Recordset!nama = Text2.Text
Data1.Recordset!jurusan = Text3.Text
'update = perintah untuk mengupdate data yang telah ditambahkan
Data1.Recordset.Update
'perintah untuk merefresh grid ketika data sudah ditambahkan
DBGrid1.Refresh
'perintah untuk mengkosongkan textbox setelah data disimpan
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
End Sub

Kemudian Klik 2 kali pada Command Button Edit, lalu pada jendela kode, ketikkan kode perintah berikut :

Private Sub Command2_Click()
'Edit = untuk mengedit data yang sudah ada
Data1.Recordset.Edit
'perintah untuk menyimpan data yang di sudah di edit
Data1.Recordset!nrp = Text1.Text
Data1.Recordset!nama = Text2.Text
Data1.Recordset!jurusan = Text3.Text
Data1.Recordset.Update
DBGrid1.Refresh
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
End Sub

Untuk perintah hapus data, klik 2 kali Command Button Hapus, kemudian ketikkan kode perintah berikut :

Private Sub Command3_Click()
Data1.Recordset.Delete
DBGrid1.Refresh
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
End Sub

Untuk Menampilkan data yang akan di edit pada Textbox, klik 2 kali pada DBGrid1, kemudian ketikkan perintah program berikut :

Private Sub DBGrid1_Click()
'kode perintah untuk menampilkan data yang sudah disimpan di dalam grid ke textbox
Text1.Text = Data1.Recordset!nrp
Text2.Text = Data1.Recordset!nama
Text3.Text = Data1.Recordset!jurusan
End Sub

Jika semua kode program sudah di ketikkan pada jendela kode,,setelah itu jalankan program dengan mengklik tombol run atau tombol F5 pada keyboard.

 
read more : http://fadilcrows.blogspot.com/2012/03/program-sederhana-simpan-edit-hapus.html

Sabtu, 15 Juni 2013

Ngehack Stiker Line di Android dan IOs


Inwepo Tutorial - Berikut ada 2 cara baru untuk mendapatkan sticker line dengan mudah, yaitu dengan bantuan aplikasi yang baru di rilis oleh orang asal taiwan.

Cara 1 Untuk pengguna Android:

Syarat:
- Untuk pengguna Android.

- Syarat Android kamu harus sudah ROOT.

- Sebelum mengikuti cara ini hilangkan dahulu nomer telephone di profil akun. 
- Untuk cara menghilangkan nomer telephone daftarkan email dan akun facebook, kemudian reinstall!

- kemudian login menggunakan email atau facebook, jangan login menggunakan nomer telephone!
Langkah:
1. Install aplikasi LineAuthkey v1.8
2. Force stop app LINE-nya terlebih dahulu, di menu Settings>Applications>Manage applications>LINE



2. Buka app LineAuthkey, lihat screenshot di bawah. Salin kode Authkey

Bila tidak ingin menyalin kode secara manual, silakan buka aplikasi root exploler / file manager
kemudian buka directory /sdcard di sana terdapat file lineauthkey.txt buka dengan text editor kemudian salin.



3. Buka web, berikut ini http://lifebox.twbbs.org/Line 

Bisa di buka melalui browser di komputer (di sarankan menggunakan browser di komputer pc/laptop agar lebih cepat dan tidak bermasalah).

kemudian pilih ID sticker yang ingin di unduh

 (Ada beberapa sticker yang tidak dapat di unduh karena sudah expired walaupun masih terlihat icon hijau seperti screenshot, jadi untuk cek tersedia atau tidaknya bisa cek di sini http://download.inwepo.com/p/free-sticker-line-downloads.html tanda status available )


4. Kemudian masukan kode authkey yang tadi kamu salin ke form Authkey, lalu klik button proses. lihat screenshot di bawah.


5. Bila berhasil akan terlihat pesan seperti screenshot di bawah ini

Bila gagal coba ulangi lagi hingga 3 kali, bila tetap tidak bisa coba ganti dulu ke sticker LINE-nya, mungkin proxy dari servernya sedang bermasalah, nanti baru coba lagi.
6. Kemudian buka app LINE cek di more>settings>my sticker . sticker yang tadi berhasil di proses terdapat di my sticker, silakan kamu download stickernya dari sana.

7. Selesai selamat mencoba.
Cara 1 Untuk pengguna IOS
1. Install aplikasi iTools atau iFunBox dan Hex Editor 
2. Sambungkan device kamu ke komputer dan buka aplikasi iTools atau iFunBox.
3. Masuk ke directory LINE/Library/Caches/jp.naver.line/ kemudian download file Cache.db
4. Buka Hex Cache.db dengan menggunakan aplikasi Hex Editor di komputer, cari Line/
Kode AccessToken tersebut setelah huruf "T", sampai dengan tanda "=", salin ke notepad contoh kodenya seperti ini xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx:xxxxxxxxxxxxxx=xxxxxxxxxxxxxxx=

2. Cara selanjutnya sama seperti Android mulai dari no.4 di atas yaitu masukan kode AccessToken.
Cara 2 Untuk pengguna Android:

Syarat:
- Syarat Android kamu harus sudah ROOT.

- Sebelum mengikuti cara ini hilangkan dahulu nomer telephone di profil akun. 
- Untuk cara menghilangkan nomer telephone daftarkan email dan akun facebook, kemudian reinstall!

- kemudian login menggunakan email atau facebook, jangan login menggunakan nomer telephone!

Cara:
1. Install aplikasi 我就是要貼圖 Tigerhuang for root users download

2. Kemudian Force stop app LINE-nya terlebih dahulu, di menu Settings>Applications>Manage applications>LINE



3. Buka aplikasinya, masukan ID sticker > klik button search
4. Kemudian klik link seperti screenshot di bawah ini.
Setelah di klik link tersebut otomatis akan terbuka App LINE-nya menuju detail sticker. Button download akan tersedia, silakan download.
Penulis baru mencoba aplikasi ini 1 kali untuk download sticker, aplikasi ini bekerja dengan baik dan berhasil :).
Tetapi ketika penulis coba ke 2 kalinya terkunci, harus menunggu keterangannya sekitar 3 jam kemudian. Sayangnya bila ingin tidak dibatasi diharuskan menggunakan aplikasi yang versi pro (berbayar)

Cara Update Galaxy Mini Ke Jelly Bean 4.2.2

Cara Update Galaxy Mini Ke Jelly Bean 4.2.2

Update Galaxy Mini Jelly Bean
Kini Samsung Galaxy Mini GT-S5570 bisa di update ke Android 4.2.2 Jelly Bean (Custom ROM CyanogenMod). Upgrade terbaru ini terbukti beroperasi lancar tanpa crash maupun eror. Tampilan layar menjadi lebih keren, demikian juga dengan kamera, musik player dan lainnya. WiFi Hotspot dan USB Tethering juga bekerja lancar, bahkan bisa menggantikan fungsi WiFi Card (koneksi wifi PC via gadget). Sayang sekali bila Galaxy mini Anda dibiarkan tetap Android 2.2 Froyo ataupun Android 2.3 GingerBread. Penerapan update ini dilakukan langsung dari SD Card tanpa koneksi PC/komputer.

Bagi Anda yang ingin update Galaxy Mini 2 S-6500 Jelly Bean saat ini belum ada update yang bagus, karna update yang tersedia fitur kamera dan WiFi belum bekerja.



Dalam menjalankan update ini Anda perlu hati-hati dan teliti agar tidak terjadi sesuatu menimpa gadget Galaxy Mini Anda (!!-bricked-!!).
galaxymini_jellybean
Ada 2 langkah pokok yang perlu dilakukan dalam menjalankan update ini.
  1. Galaxy Mini Anda harus di-root terlebih dahulu agar bisa menjalankan update ini.
  2. Install Custom Recovery ClockWorkMod (CWM) dan Jelly Bean.
Untuk proses root Anda bisa menggunakan koneksii komputer ataupun langsung dari SD Card, adapun untuk update Custom Recovery dan Jelly Bean dilakukan langsung dari SD Card.
Ia. Cara Root Samsung Galaxy Mini Menggunakan PC
  • Pastikan gadget Galaxy Mini Anda terkoneksi dengan komputer. Bila belum, silahkan download Samsung USB Driver dan install ke dalam komputer.
  • Dowload SuperOneClick terbaru dari situs resminya (docs.google.com) di sini. Cara downloadnya klik File dan pilih Download, kemudian install ke dalam komputer.
  • Sambungkan Galaxy Mini dengan komputer menggunakan kabel USB dan buka Setting>Applications>Development>centang USB debugging.
  • Buka aplikasi SuperOneClick di komputer Anda kemudian tekan tombol Root dan pilih Yes.
  • Tunggu beberapa menit sampai proses rooting selesai.
  • Periksa status akses root menggunakan Root Checker.
Ib. Cara Root Galaxy Mini Android 2.3 Dari SD Card

II. Install Custom Recovery ClockWorkMod (CWM) dan Jelly Bean dari SD Card

  • Download ClockWorkMod-Touch di sini dan GalaxyMini Jelly Bean 4.2.2 (
    cm-10.1-20130310-NIGHTLY-tass.zip
    ) di sini. Anda dapat dowload langsung menggunakan gadget Anda ataupun menggunakan komputer kemudian memindahkan file download tersebut apa adanya (tanpa diekstrak) ke dalam SD Card Galaxy Mini.
  • Bila Anda tidak bisa download file tersebut menggunakan Gadget, silahkan pergunakan link berikut, di sini Jelly Bean 4.2.2 Galaxy Mini S5570 dan di sini ClockWorkMod Touch – 7.1MB.
  • Letakkan kedua file zip di root folder SD Card (yaitu tanpa folder/directory).
  • Pastikan baterai Galaxy Mini Anda penuh atau minimal 70% sebelum melakukan update ini.
  • Matikan Galaxy Mini Anda.
  • Nyalakan Custom Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power dan tombol Home (tengah) secara bersamaan dan menahannya beberapa saat.
  • Setelah muncul Custom Recovery pilihlah menu Install Zip From SD Card kemudian pilih update-CWM-5.2.0.8-touch-squadzone.zip. Navigasi (pemilihan) dilakukan dengan menekan tombol Volume up/down dan Enter menggunakan tombol Home (tengah).
  • Tunggu hingga proses update Custom Recovery CWM selesai.
  • Kemudian dari menu Recovery yang tampil pilih Advance > Reboot Recovery dan tunggu hingga Custom Recovery CWM muncul.
Picture 001
  • Lakukan wipe data/factory reset dan wipe cache partition.
  • Pilih menu Install Zip From SD Card (bila menu ini belum muncul, klik +++Go Back+++) kemudian pilih file cm-10.1-20130310-NIGHTLY-tass.zip dan tunggu hingga proses update Jelly Bean selesai.
  • Setelah selesai update klik pada Reboot System Now. Dan tunggu CyanogenMod beberapa saat untuk setting up Jelly Bean di gadget Anda.
Picture 004
Bila Anda mengalami prolbem dalam update Flash ROM ini, misal loading CyanogenMod terlalu lama (lebih 10 menit):
  • Lepas baterai dan pasang kembali.
  • Ulangi lagi proses update ClockWorkMod (CWM) dan Jelly Bean dengan hati-hati.
  • Sebaiknya Anda melakukan ini di depan layar PC atau apa saja sehingga bisa mengikuti prosedur update step by step.

Rabu, 05 Juni 2013

Variabel Pada dbase

3.1Konsep Data

Karakter : Satuan data terkecil.
Field : Perpaduan karakter-karakter yang mempunyai maksud dan pengertian yang jelas.
Record : Kumpulan fiel-field.
File : Kumpulan record-record yang membentuk satu informasi.
Database : Kumpulan dari beberapa file.


3.2Jenis-Jenis File Dalam dBase IV

Catalog (.CAT)
Merupakan organisasi file, di dalamnya berisi kumpulan nama-nama file.

Database File (.DBF)
Adalah file yang terdiri dari record-record yang berguna untuk menyimpan
data.

Program / Procedure / Command File (.PRG)
Adalah file yang berisikan instruksi (program)

Report Form File (.FRM)
Merupakan file laporan yang berisikan informasi field-field dari database file.

Text Output File (.TXT)
Suatu file yang disimpan dalam bentuk ASCII

Index File (.NDX)
Memberikan suatu cara untuk menggunakan file database dalam urutan logika dari pada urutan fisik.


3.3Data & Memory

Pada sistem dBase IV, data dikelompokkan atas jenis data dan fungsinya.
Jenis data tsb mencakup data logika, tanggal, angka, karakter dan catatan
(memo). Sedangkan menurut fungsinya, data dikelompokkan menjadi data memory
dan data base. Data memory mencakup data memory yang dibentuk pemakai dan
sistem. Dan data base mencakup file untuk menyimpan data serta pengatur
bentuk (format) penampilannya.



Data tsb disimpan dengan nama sebagai alamat. Sebagai contoh,

A = 12 dan untuk mengambil nilai datanya, gunakan nama variabel tsb,
contoh : ?A/4 sistem akan mencetak nilai 12/4.



Untuk penamaan variabel suatu data, anda bebas mendefinisikan. Tetapi pada
sistem terdapat batasan karakter yang dipakai untuk nama variabel yaitu :

Nama variabel harus diawali dengan huruf (A s/d Z), angka (0 s/d 9) atau
tanda _ (garis bawah)
Untuk nama variabel field dibatasi hingga 10 karakter.
Jangan memakai nama variabel sistem karena dapat mengganggu fungsi sistem.


Untuk mengetahui isi memory saat ini, gunakan instruksi LIST MEMORY atau
DISPLAY MEMORY.

3.4Jenis Data

3.4.1Character (Disingkat C)
Character (disingkat C) yaitu data untuk angka, bilangan, dan karakter
khusus yang memiliki panjang tertentu serta tidak dapat digunakan untuk
perhitungan matematika secara langsung. Data jenis ini dibatasi oleh tanda
petik, (? ? atau ? ? ) atau kurung siku ([ dan ]). Pada sistem dBase IV
panjang data jenis ini maksimal 254 karakter.


3.4.2Numeric (Disingkat N)

Numeric (disingkat N) yaitu data berbentuk angka serta notasi + , - dan .
(titik desimal) yang berguna untuk suatu nilai yang nantinya dapat
digunakan untuk kalkulasi. Pada sistem dBase IV, panjang data jenis ini
maksimal 20 digit termasuk tanda desimal dan angka desimalnya.


3.4.3Float (Disingkat F)
Float (disingkat F) seperti Numeric. Bedanya hanya pada cara sistem
menyimpannya. Data jenis Float berguna untuk perhitungan angka eksakta
(teknik). Pada sistem dBase IV, panjang data jenis ini maksimal 20 digit
termasuk tanda desimal dan angka desimalnya.


3.4.4Logical (Disingkat L)

Logical (disingkat L) yaitu data untuk keterangan yang hanya berisi Y(yes)
dan N(no) atau T(true) dan F(false). Pada sistem dBase IV, data jenis ini
hanya memerlukan memory sebesar 1 byte saja.




3.4.5Date (Disingkat D)

Date (disingkat D) yaitu data bentuk tanggal. Dengan jenis data ini, sistem
akan menguji setiap pemasukan nilainya agar sesuai dengan ketentuan yang
berlaku seperti nilai bulan harus di antara 1 hingga 12. Pada sistem dBase
IV, data jenis ini hanya memerlukan memory sebesar 8 byte saja.


3.4.6Memo (Disingkat M)

Memo (disingkat M) yaitu data bentuk karakter yang digunakan untuk catatan
ataupun keterangan dari suatu field. Pada sistem dBase, data jenis ini
hanya memerlukan memory sebesar 8 byte saja yaitu untuk petunjuk lokasi
data isi memo pada file memo.


3.5Jenis Variabel

3.5.1Memory Variabel

yaitu jenis variabel yang didefinisikan oleh pemakai sistem yang dipakai
untuk menampung nilai data yang ada di memory.

3.5.2Field Variabel

yaitu jenis variabel yang dipakai untuk nilai data yang ada pada file (file
data base).

3.5.3System Variabel

yaitu memory variabel yang dipakai untuk sistem untuk menentukan tampilan
laporan yang didefinisikan oleh sistem.
Ciri dari sistem variabel yaitu setiap nama variabelnya diawali dengan
karakter garis bawah.

Contoh :

_Rmargin untuk menentukan bagian terkanan dari ruang cetak.

_Length untuk menentukan ukuran (jumlah baris) kertas laporan.


3.6Menyimpan Data Ke Dalam Variabel memori

- STORE

-= (SAMA DENGAN)

CONTOH: . store 14 to X

. Y = 5

. MNama = ?
Muhammad?

. store
?KELAPA DUA? to MAlamat


3.7Menampilkan Daftar Variabel Memori

Perintah yang digunakan:

- DISPLAY MEMORI dan LIST MEMORI

Contoh: .display memori

Dilayar akan ditampilkan

X pub N 14 (14.00000000)

Y pub N 5 (5.00000000)

MNama pub c ?Muhammad?

MAlamat pub c ?Kelapa Dua?

4 variable define, 4 byte used

252 variable available, 3031 byte available


3.8Menyapu Variabel Memori


Perintah yang digunakan :

- RELEASE nama variable

Contoh : . release x

. release y

. release MNama

. release MAlamat

. release all