Translate

Kamis, 03 Oktober 2013

Artikel Sejarah Mie Instan Untuk Mata Kuliah Teori Organisasi Umum #

            Mungkin kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan mie instan?? yaa, mungkin juga seluruh masyarakat indonesia sudah pernah mencicipi makanan yang mudah dibuat dan murah ini. Mungkin kalian hanya menikmati rasa dari mie instan itu sendiri ditambah lagi sekarang sudah banyak varian rasa pada mie. Banyak dijual disuper market terdekat harganya pun terjangkau, hal itu menjadi pertimbangan pada warga untuk menjadikan menu pokok setelah nasi.

             Disini saya fachri akan memberitahu siapa yang menemukan mie instan itu sendiri. Mie Instan itu sendiri dibuat oleh Mamofuku Ando. Beliau adalah orang jepang yang terlahir di Taiwan pada tahun 1911. Berkat Usaha dan kegigihan Beliau, Beliau sanggup untuk membuat mie instan dengan rasa yang enak dan murah. Mie Instan pun masuk ke dalam Negeri kita Tercinta ini pada pertengahan tahun 1960-an.
Mamofuku Ando


          Sedikit menceritakan bagaimana Mamofuku Ando dapat menciptakan Mie Instan. Awalnya  Beliau ditinggal oleh kedua orang tuanya, dan Beliau pun mempunyai tugas untuk bersekolah dan menjaga neneknya. Hasilnya pun cukup baik, Beliau mahir dalam keterampilan memasak namun karena Beliau focus untuk memasak sekolahnya pun terlantar begitu saja. Cita-Cita Beliau pun adalah menjadi pedagang hebat dan sukses.



         Mempersingkat cerita, akhir nya Beliau bisa dibilang pedagang yang maju, namun kemudian Beliau dituduh korupsi dalam perdagangan senjata dan onderdil pesawat. Beliau lantas dijebloskan ke penjara Selama 2 tahun. Pada 1956, satu-satunya harta yang tertinggal adalah rumah. Kemudian pada saat itu Amerika sedang ramai-ramai nya menyumbang gandum ke jepang pada saat paceklik pangan, kemudian harga terigu menjadi murah.



        Beliau melihat orang-orang jepang banyak yang makan mie. Nah pada saat itu juga Beliau mempunyai ide, kenapa tidak membuat mie saja ? karena mie harga nya murah, rasanya enak dan dapat dinikmati semua kalangan. Kemudian Beliau membeli mesin pencetak mie dan mie hasil buatannya ditaruh disuatu Toko Serba ada didekat rumahnya. Alhasil mie nya pun ludes pada saat itu juga.



        Kemudian pada Desember 1958 Mamofuku Ando membuka sebuah pabrik pembuat mie di pabrik yang tidak dipakai luas pabrik itu pun sekitar 20.000m2. Pabrik pembuat mie itu diberi nama Nissin Foods. Mie nya pun semakin laku dan semakin terkenal, sehingga Mamofuku Ando Semakin bereksperimen untuk mengirim mie nya kedaerah Eropa, dan Mamofuku Ando menumukan ide untuk membuat mie dalam bentuk kemasan Stereofoam dengan mie yang lebih tebal dan garpu untuk memakan mie nya.



       Dipuncak Keberhasilannya Mamofuku Ando pada tahun 1988 beliau berumur 77 tahun dan beliau pun membangun Foodeum di Shinjuku, Tokyo. Tempat itu pun disebut ISTANA MIE karena mempunyai beberapa restoran mie, tempat disko, dan museum mie.


Sumber : http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/19230-sejarah-mie-instan-dan-penemunya.html


0 komentar:

Posting Komentar