PICTURE CLAUSE dan EDITING CLAUSE
PICTURE karakter V
Karakter
V ini menunjukan etak anggapan dari titik desima. Anggapan ini
maksudnya adaah bahwa titik desimal tersebut tidak ditulis di memori,
sehingga tidak termasuk panjang field. Karakter V ini tidak boleh lebih
dari satu dalam sebuah PICTURE.
Contoh :
Bentuk
|
Panjang
|
Contoh
|
Tersimpan di memory
|
Di Prosedur
|
04 HARGA PIC 999V99
|
5
|
123.45
|
12345
|
123^45
|
05 DISC PIC 9(4)V99
|
6
|
100.1
|
010010
|
0100^10
|
Keterangan :
Tanda ^ (caret) menunjukan letak dari titik desimal :
2.2.3. PICTURE karakter P.
Karakter
P ini digunakan untuk menggabungkan PICTURE karakter V, yang digunakan
untuk menimbulkan angka 0 (nol), karakter ini jarang sekali digunakan
dalam aplikasi COBOL.
Contoh :
Bentuk
|
Panjang
|
Contoh
|
Tersimpan di memory
|
Di Prosedur
|
04 NILAI PIC 9PPV
|
1
|
5
|
5
|
500
|
05 BUNGA PIC VPPP9(2)
|
2
|
15
|
15
|
^00015
|
2.2.4. PICTURE karakter S.
Karakter
S digunakan untuk menandai suatu nilai di Memory, bedanya dengan
karakter V yaitu kalau karakter V tidak memberikan tanda pada nilai
negatif sedangkan dengan menggunakan karakter S maka tanda negatif (-)
akan ditampilkan. Karekter S tidak dihitung sebagai panjang Field.
Bentuk
|
Panjang
|
Contoh
|
Tersimpan di memory
|
Di Prosedur
|
04 NILAI PIC S99
|
2
|
-15
|
15
|
15
|
05 BUNGA PIC S99
|
2
|
15
|
15
|
15
|
2.2.5. PICTURE karakter A
Karakter
A digunakan untuk menyimpan nilai dan huruf (alphabetic). Bedanya
dengan karakter 9 yaitu kalau karakter A menyimpan nilai bersifat rata
kiri (left justified). Sedangkan karakter 9 meletakan nilai rata kanan.
Karater A ini akan memotong nilai jika panjang data yang dimasukan
melebihi nilai field, sedangkan jika data yang dimasukan lebih kecil
dari nilai field maka nilai yang kosong akan diisi dengan blank.
Contoh :
Bentuk
|
Panjang
|
Contoh
|
Tersimpan di memory
|
Di Prosedur
|
04 NAMA PIC A(8)
|
8
|
FAISAL
|
FAISALbb
|
FAISALbb
|
05 BARANG PIC A(8)
|
8
|
KOMPUTER
|
KOMPUTER
|
KOMPUTER
|
2.2.6. PICTURE karakter X.
Karakter
X menunjukan posisi nilai alphanurik yang disimpan pada field.
Alphanumerik berarti dapat berupa gabungan antara angka, huruf ataupun
spesialis karakter. Sifat dari karakter X ini sama dengan karakter A
yaitu rata kiri.
Bentuk
|
Panjang
|
Contoh
|
Tersimpan di memory
|
Di Prosedur
|
04 KODE PIC X(4)
|
5
|
LIMA
|
LIMA
|
LIMA
|
05 KODE PIC XXXX
|
5
|
DUA
|
DUAb
|
DUA
|
2.3. PICTURE editing.
PICTURE
editing ialah picture yang berguna untuk perubahan bentuk dari data
yang telah disimpan di memori. Picture Editing ini mempunyai susunan
yang lebih baik dari bentuk data asli yang ada memori. Picture Editing
tidak boleh digunakan untuk field penerima data langsung sebagai input
data.
PICTURE editing ini tidak boleh digunakan untuk field penerima data langsung sebagai input data.
2.3.1. PICTURE editing karakter Z
Picture ini digunakan untuk menggantikan angka 0(nol) di muka dan tidak akan tampak pada waktu pencetakan.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
2037057
|
ZZZZZZZ
|
2037057
|
0203705
|
ZZZZZZZ
|
203705
|
2.3.2. PICTURE editing karakter $.
PICTURE
ini jika digunakan maka pada saat pencetakan akan ditampilkan. Dan
karakter $ ini akan dimulai dari kiri. Jika anda menggunakan lebih dari
satu karakter $, maka nilai yang akan diperiksa terlebih dahulu adalah
karakter yang berada di sebelah kiri.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
2037057
|
$ 9999999
|
$2037057
|
0203705
|
$ 9999999
|
$0203705
|
2.3.3. PICTURE editing karakter “.” Dan “,”
PICTURE
karakter “.” Digunakan untuk menunjukan posisi dari titik desimal pada
pencetakan. Titik desimal atau karakter “.” titik tidak boleh lebih
dari satu buah, sebaliknya karakter “,” (koma) boleh digunakan lebih
dari satu buah.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
- 20370^57
|
99999.99
|
20370.57
|
2037057
|
$Z,ZZZ,ZZZ.ZZ
|
$2,037.057.00
|
Contoh Potongan program :
05 JUMLAH PIC $Z.ZZZ.ZZZ,ZZ..
2.3.4. PICTURE editing karakter “-” (minus)
Karakter
“-“ (minus) ini jika dipakai pada permulaan atau pada karakter terakhir
dari PICTURE karakter editing, maka tanda minus ini akan tampak pada
pencetakan bila data aslinya negatif. Tetapi jika datanya tidak negatif
maka karakter “-“ (minus) tersebut akan diganti dengan blank.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
- 2037057
|
-9999999
|
-2037057
|
2037057
|
-9999999
|
2037057
|
2.3.5. PICTURE editing karakter “+”
Jika
sebuah tanda plus dipakai pada permulaan atau karakter terakhir dari
PICTURE editing, tanda plus akan tampak pada hasil edit nilai positif,
sedangkan jika nilai yang dimasukan negatif maka tanda minus pun akan
ditampilkan . Namun jika data tidak bertanda apa- apa maka dianggap
sebagai nilai positif
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
- 2037057
|
+9999999
|
-2037057
|
2037057
|
+9999999
|
+2037057
|
2.3.6. PICTURE editing karakter DB dan CR
PICTURE
karakter DB dan CR ini digunakan untuk menandai suatu nilai yang
umumnya dipakai untuk aplikasi akuntansi. Karakter DB menunjukan Debit
sedangkan karakter CR menunjukan Nilai Kredit. Tanda ini akan muncul
jika data yang dimasukan adalah nilai negatif sedangkan jika yang
dimasukan nilai positif tanda tersebut tidak akan ditampilkan.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
- 2037057
|
9999999DB
|
2037057DB
|
2037057
|
9999999DB
|
2037057
|
2.3.7. PICTURE editing karakter B
PICTURE
karakter B digunakan untuk mengedit nilai data bukan Numerik. Dengan
menggunakan karakter B tersebut akan menyebabkan blank disisipkan pada
posisi dimana karakter B tersbut berada.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
203705
|
99BB99BB99
|
20 37 05
|
RIDWAN NULLOH
|
A(6)BAAAAAA
|
RIDWAN NULLOH
|
2.3.8. PICTURE editing karakter “*” (Asterik)
PICTURE
karakter “*” Digunakan untuk mengganti nilai data di sebelah kanan
dengan tanda asterik (8). Biasanya digunakan untuk mencegah terhadap
nilai rupiah pada penulisan dokumen.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
2037057
|
***9999
|
2037057
|
203
|
****999
|
****203
|
2.3.9. PICTURE editing karakter “0” (nol)
PICTURE karakter “0” digunakan untuk menyisipkan angka nol dimana angka nol diletakan.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
2037057
|
ZZZZZZZ0
|
20370570
|
2037057
|
9(7)0
|
20370570
|
2.3.10. PICTURE editing karakter “/” (Slash)
PICTURE karakter “/”digunakan untuk menyisipkan karakter slash (“/”) dimana karakter slash diletakan.
Data Sumber
|
PICTURE
|
Hasil Edit
|
190599
|
99/99/99
|
19/05/99
|
18276
|
99/09/99
|
18/02/76
|
0 komentar:
Posting Komentar