Translate

Minggu, 20 Oktober 2013

PICTURE CLAUSE dan EDITING CLAUSE

 
Klausa Picture dan Picture Editing


PICTURE CLAUSE dan EDITING CLAUSE

PICTURE karakter V
Karakter V ini menunjukan etak anggapan dari titik desima. Anggapan ini maksudnya adaah bahwa titik desimal tersebut tidak ditulis di memori, sehingga tidak termasuk panjang field. Karakter V ini tidak boleh lebih dari satu dalam sebuah PICTURE.
 
Contoh :
Bentuk
Panjang
Contoh
Tersimpan di memory
Di Prosedur
04  HARGA     PIC 999V99
5
123.45
12345
123^45
05  DISC          PIC 9(4)V99
6
100.1
010010
0100^10
 
Keterangan :
Tanda ^  (caret) menunjukan letak dari titik desimal :
 
2.2.3. PICTURE karakter P.
Karakter P ini digunakan untuk menggabungkan PICTURE karakter V, yang digunakan untuk menimbulkan angka 0 (nol), karakter ini jarang sekali digunakan dalam aplikasi COBOL.
 
 
Contoh :
Bentuk
Panjang
Contoh
Tersimpan di memory
Di Prosedur
04  NILAI     PIC 9PPV
1
5
5
500
05  BUNGA  PIC VPPP9(2)
2
15
15
^00015
 
2.2.4. PICTURE karakter S.
Karakter S digunakan untuk menandai suatu nilai di Memory, bedanya dengan karakter V yaitu kalau karakter V tidak memberikan tanda pada nilai negatif sedangkan dengan menggunakan karakter S maka tanda negatif (-) akan ditampilkan. Karekter S tidak dihitung sebagai panjang Field.
 
Bentuk
Panjang
Contoh
Tersimpan di memory
Di Prosedur
04  NILAI     PIC S99
2
-15
15
15
05  BUNGA  PIC S99
2
15
15
15
 
2.2.5. PICTURE karakter A
Karakter A digunakan untuk menyimpan nilai dan huruf (alphabetic). Bedanya dengan karakter 9 yaitu kalau karakter A menyimpan nilai bersifat rata kiri (left justified). Sedangkan karakter 9 meletakan nilai rata kanan. Karater A ini akan memotong nilai jika panjang data yang dimasukan melebihi nilai field, sedangkan jika data yang dimasukan lebih kecil dari nilai field maka nilai yang kosong akan diisi dengan blank.
 
 
Contoh  :
 
Bentuk
Panjang
Contoh
Tersimpan di memory
Di Prosedur
04  NAMA     PIC A(8)
8
FAISAL
FAISALbb
FAISALbb
05  BARANG PIC A(8)
8
KOMPUTER
KOMPUTER
KOMPUTER
 
2.2.6. PICTURE karakter X.
Karakter X menunjukan posisi nilai alphanurik yang disimpan pada field. Alphanumerik berarti dapat berupa gabungan antara angka, huruf ataupun spesialis karakter. Sifat dari karakter X ini sama dengan karakter A yaitu rata kiri.
 
Bentuk
Panjang
Contoh
Tersimpan di memory
Di Prosedur
04  KODE  PIC X(4)
5
LIMA
LIMA
LIMA
05  KODE PIC XXXX
5
DUA
DUAb
DUA
 
2.3. PICTURE editing.
PICTURE editing ialah picture yang berguna untuk perubahan bentuk dari data yang telah disimpan di memori. Picture Editing ini mempunyai susunan yang lebih baik dari bentuk data asli yang ada memori. Picture Editing tidak boleh digunakan untuk field penerima data langsung sebagai input data.
PICTURE editing ini tidak boleh digunakan untuk field penerima data langsung sebagai input data.
 
2.3.1. PICTURE  editing karakter Z
Picture ini digunakan untuk menggantikan angka 0(nol) di muka dan tidak akan tampak pada waktu pencetakan.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
2037057
ZZZZZZZ
2037057
0203705
ZZZZZZZ
  203705
 
2.3.2. PICTURE editing karakter $.
PICTURE ini jika digunakan maka pada saat pencetakan akan ditampilkan. Dan karakter $ ini akan dimulai dari kiri. Jika anda menggunakan lebih dari satu karakter $, maka nilai yang akan diperiksa terlebih dahulu adalah karakter yang berada di sebelah kiri.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
2037057
$ 9999999
$2037057
0203705
$ 9999999
$0203705
 
2.3.3. PICTURE editing karakter “.” Dan “,”
PICTURE karakter “.” Digunakan untuk menunjukan posisi dari titik desimal pada pencetakan. Titik desimal atau karakter “.”  titik tidak boleh lebih dari satu buah, sebaliknya karakter “,” (koma) boleh digunakan lebih dari satu buah.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
- 20370^57
  99999.99
20370.57
   2037057
$Z,ZZZ,ZZZ.ZZ
$2,037.057.00
 
Contoh  Potongan program  :
 
            05        JUMLAH   PIC $Z.ZZZ.ZZZ,ZZ..
 
2.3.4. PICTURE editing karakter “-” (minus)
Karakter “-“ (minus) ini jika dipakai pada permulaan atau pada karakter terakhir dari PICTURE karakter editing, maka tanda minus ini akan tampak pada pencetakan bila data aslinya negatif. Tetapi jika datanya tidak negatif maka karakter “-“ (minus) tersebut akan diganti dengan blank.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
- 2037057
  -9999999
-2037057
   2037057
  -9999999
 2037057
 
 
2.3.5. PICTURE editing karakter “+”
Jika sebuah tanda plus dipakai pada permulaan atau karakter terakhir dari PICTURE editing, tanda plus akan tampak pada hasil edit nilai positif, sedangkan jika nilai yang dimasukan negatif maka tanda minus pun akan ditampilkan . Namun jika data tidak bertanda apa- apa maka dianggap sebagai nilai positif
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
- 2037057
  +9999999
-2037057
  2037057
  +9999999
+2037057
 
2.3.6. PICTURE editing karakter DB dan CR
PICTURE karakter DB dan CR ini digunakan untuk  menandai suatu nilai yang umumnya dipakai untuk aplikasi akuntansi. Karakter DB menunjukan Debit sedangkan karakter CR menunjukan Nilai Kredit. Tanda ini akan muncul jika data yang dimasukan adalah nilai negatif sedangkan jika yang dimasukan nilai positif tanda tersebut tidak akan ditampilkan.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
- 2037057
  9999999DB
2037057DB
   2037057
  9999999DB
2037057
 
2.3.7. PICTURE editing karakter B
PICTURE karakter  B digunakan untuk mengedit nilai data bukan Numerik. Dengan menggunakan karakter B tersebut  akan menyebabkan blank disisipkan pada posisi dimana karakter B tersbut berada.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
   203705
  99BB99BB99
20 37 05
   RIDWAN NULLOH
A(6)BAAAAAA
RIDWAN NULLOH
 
2.3.8. PICTURE editing karakter “*” (Asterik)
PICTURE karakter “*” Digunakan untuk mengganti nilai data di sebelah kanan dengan tanda asterik (8). Biasanya digunakan untuk mencegah terhadap nilai rupiah pada penulisan dokumen.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
 2037057
  ***9999
2037057
        203
  ****999
 ****203
 
2.3.9. PICTURE editing karakter “0” (nol)
PICTURE karakter  “0” digunakan untuk menyisipkan angka nol dimana angka nol diletakan.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
   2037057
  ZZZZZZZ0
20370570
   2037057
   9(7)0 
20370570
 
2.3.10. PICTURE editing karakter “/” (Slash)
PICTURE karakter “/”digunakan untuk menyisipkan karakter  slash (“/”) dimana karakter slash diletakan.
 
Data Sumber
PICTURE
Hasil Edit
 190599
99/99/99
19/05/99
    18276
99/09/99
18/02/76

0 komentar:

Posting Komentar