Translate

Kamis, 30 Agustus 2012

Regedit (Registri Windows)

Anda Mungkin tidak mengerti tentang regedit , regedit ini merupakan sistem Registri windows yang anda gunakan , semua pengaturan terletak pada regedit , jika anda ingin membuka regedit , anda ikutin dengan cara :
Start --> run --> (tuliskan kata) Regedit pada kotak run .
dan regedit Penting untuk deketahui Pada bagian ini, cara atau tugas mengandung langkah-langkah yang memberitahu Anda bagaimana memodifikasi registri. Namun, masalah serius mungkin akan muncul jika Anda salah memodifikasi registri. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati. Untuk perlindungan tambahan, buat cadangan registri sebelum Anda memodifikasinya. Kemudian, Anda dapat memulihkan registri apabila ada masalah. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat cadangan dan memulihkan registri, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
322756 Cara membuat cadangan dan memulihkan registri pada Windows
Artikel ini selangkah demi selangkah menjelaskan cara menambah, mengubah, atau menghapus subkunci dan nilai registri menggunakan berkas entri registrasi (.reg). Regedit.exe menggunakan berkas .reg untuk mengimpor dan mengekspor subkunci dan nilai registri. Anda dapat menggunakan berkas .reg ini untuk mendistribusikan perubahan registri pada komputer berbasis Windows beberapa jarak jauh. Ketika Anda menjalankan berkas .reg, konten dari berkas menggabung ke registri lokal. Oleh karena itu, Anda harus mendistribusikan berkas .reg secara hati-hati.

Sintaks.Reg file

Berkas .reg telah sintaks berikut:

RegistryEditorVersion
garis jatuh kosong
[RegistryPath1]
"DataItemName1"="DataType1:DataValue1"
DataItemName2"="DataType2:DataValue2"
garis jatuh kosong
[RegistryPath2]
"DataItemName3"="DataType3:DataValue3"

di mana:

RegistryEditorVersion adalah baik "5,00 versi Windows Registry Editor" untuk Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003, atau "REGEDIT4" untuk Windows 98 dan Windows NT 4.0. Header "REGEDIT4" juga bekerja pada komputer berbasis Windows 2000, Windows XP, dan berbasis Windows Server 2003. 

garis jatuh kosong adalah baris kosong. Ini menunjukkan dimulainya lintasan untuk registri baru. Setiap kunci atau subkunci merupakan lintasan registri baru. Jika Anda memiliki beberapa kunci di dalam berkas .reg, baris kosong dapat membantu Anda memeriksa dan memecahkan masalah konten.

LintasanRegistrix merupakan lintasan dari subkunci yang memegang nilai pertama yang Anda impor. Sertakan path dalam kurung, dan memisahkan masing-masing tingkat hierarki oleh garis miring terbalik. Sebagai contoh:
[
HKEY_LOCAL_ MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\System
]
Berkas .reg dapat berisi beberapa registri jalan. Jika dasar dari hierarki pada pernyataan lintasan tidak tersedia pada registri, maka subkunci baru akan dibuat. Isi berkas-berkas registri dikirimkan ke registri supaya Anda dapat masuk mereka. Oleh karena itu, jika Anda ingin menciptakan subkunci baru dengan subkunci lain di bawahnya, Anda harus memasukkan baris dengan urutan yang benar.

NamaItemDatax adalah nama dari item data yang Anda ingin impor. Jika item data pada berkas Anda tidak tersedia pada registri, berkas .reg menambahkannya (dengan nilai dari data item). Jika ada data item, nilai pada berkas .reg Anda akan menimpa nilai yang sudah ada. Tanda kutip melingkupi nama dari data item. Tanda sama dengan (=) segera mengikuti nama dari data item.

JenisDatax adalah jenis data untuk nilai registri dan segera mengikuti tanda sama dengan. Untuk semua jenis data selain REG_SZ (nilai string), usus segera mengikuti tipe data. Jika jenis data adalah REG_SZ, jangan sertakan nilai jenis data atau usus.Dalam kasus ini, Regedit.exe menganggap REG_SZ untuk jenis data. Tabel berikut mencantumkan jenis data registri yang khas:
Tipe dataDataType di .reg
REG_BINARYheksadesimal
REG_DWORDDWORD
NILAI REG_EXPAND_SZhexadecimal(2)
REG_MULTI_SZhexadecimal(7)
Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis data registri, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
256986 Deskripsi registri Microsoft Windows
NilaiDatax segera mengikuti usus besar (atau tanda sama dengan untuk REG_SZ) dan harus berada dalam format yang tepat (misalnya, string atau heksadesimal). Gunakan format heksadesimal untuk item data biner.

Catatan Anda dapat memasukkan beberapa baris item data untuk lintasan registri yang sama.

Catatan berkas registri harus berisi baris kosong di bagian bawah file.



Penambahan subkunci registri atau penambahan dan perubahan nilai registri

Untuk menambah subkunci registri atau menambah atau mengubah nilai registri, buatlah perubahan yang sesuai pada registri, dan kemudian mengekspor subkunci yang sesuai atau subkunci. Subkunci registri yang diekspor secara otomatis disimpan sebagai berkas .reg. Untuk membuat perubahan ke registri dan mengekspor perubahan yang Anda lakukan ke berkas .reg, ikuti langkah berikut:
  1. Klik mulai, klik Jalankan, ketik regedit dalam kotak terbuka , dan kemudian klik OK.
  2. Cari dan kemudian klik subkunci yang memegang registri item atau item yang ingin Anda ubah.
  3. Klik File, dan kemudian klik ekspor.

    Langkah ini membuat cadangan subkunci sebelum Anda membuat perubahan. Anda dapat mengimpor file ini kembali ke registri kemudian jika perubahan Anda menyebabkan masalah.
  4. Dalam kotak File name , ketik nama file menggunakan untuk menyimpan berkas .reg dengan item registri yang asli, dan kemudian klik Save.

    Catatan Gunakan nama berkas yang mengingatkan Anda tentang isinya, seperti referensi terhadap nama subkunci.
  5. Dalam pane kanan, tambahkan atau modifikasi item registri yang Anda inginkan.
  6. Ulangi langkah 3 dan 4 untuk mengekspor subkunci lagi, tetapi gunakan nama berkas yang berbeda untuk berkas .reg.Anda dapat menggunakan berkas .reg untuk membuat perubahan registri pada komputer lain.
  7. Uji perubahan Anda pada komputer lokal. Jika hal tersebut menimbulkan masalah, klik-dua kali berkas yang memegang cadangan data registri asli untuk memulihkan registri ke keadaan semula. Jika perubahan bekerja seperti yang diharapkan, Anda dapat mendistribusikan .reg yang Anda ciptakan pada langkah 6 ke komputer lainnya dengan menggunakan metode-metode pada bagian "Pendistribusian perubahan registri" dari artikel ini.

Menghapus kunci dan nilai registri

Untuk menghapus kunci registri dengan berkas .reg, letakkan tanda hubung (-) di depan RegistryPath pada berkas .reg.Misalnya, untuk menghapus subkunci tes dari kunci registri berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software
Letakkan tanda hubung di depan kunci registri berikut pada berkas .reg:
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Test
Contoh berikut memiliki berkas .reg yang dapat melakukan tugas ini.
[
-HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Test
]
Untuk menghapus nilai registri dengan berkas .reg, letakkan tanda hubung (-) setelah tanda sama dengan mengikutiDataItemName pada berkas .reg. Misalnya, untuk menghapus nilai registri NilaiUji dari kunci registri berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Test
Letakkan tanda hubung setelah "NilaiUji" = pada berkas .reg. Contoh berikut memiliki berkas .reg yang dapat melakukan tugas ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Test

"NilaiUji" =-
Untuk membuat berkas .reg, gunakan Regedit.exe untuk mengekspor kunci registri yang ingin Anda hapus, dan kemudian gunakan Notepad untuk mengedit berkas .reg dan menyisipkan tanda hubung. 

Mengganti kunci dan nilai registri

Untuk mengubah nama kunci atau nilai, menghapus kunci atau nilai, dan kemudian membuat kunci baru atau nilai dengan nama baru.

Pendistribusian perubahan registri

Anda dapat mengirimkan berkas .reg ke pengguna dalam pesan e-mail, Letakkan berkas .reg pada jaringan yang dipakai bersama dan arahkan pengguna ke jaringan itu, atau Anda dapat menambah perintah pada skrip logon pengguna untuk mengimpor berkas .reg secara otomatis saat mereka logon. Ketika pengguna menjalankan berkas .reg, mereka menerima pesan berikut:
Peninjau Suntingan Registri
Apakah Anda yakin ingin menambah informasi pada lintasan berkas .reg ke registri?
Jika pengguna mengklik Ya, pengguna menerima pesan berikut:
Peninjau Suntingan Registri
Informasi pada lintasan berkas .reg telah dimasukkan ke dalam registri.
Regedit.exe mendukung switch baris perintah/s untuk tidak menampilkan pesan ini. Misalnya, untuk menjalankan berkas .reg (dengan switch/s ) dari berkas batch skrip login, gunakan sintaks berikut:
Regedit.exe/s lintasan berkas .reg
Anda juga dapat menggunakan kebijakan grup atau kebijakan sistem untuk mendistribusikan perubahan registri di jaringan Anda. Untuk informasi tambahan, kunjungi Web site Microsoft berikut: Catatan Jika perubahan tersebut bekerja, Anda dapat mengirimkan berkas registrasi ke pengguna yang sesuai di jaringan.

10 Komputer Tercepat diDunia

Superkomputer tercepat di dunia sekarang berada di Amerika, dibuat oleh perusahaan IBM, dan dinamakan ”Roadrunner”. Kecepatannya telah menembus 1 Petaflop pada 25 Mei 2008.

1 Teraflops = 1 trilyun kalkulasi per detik
1 Petaflops = 1.000 trilyun operasi per detik

Komputer Roadrunner ini lebih cepat 60.000 kali dibanding komputer pribadi tercepat saat ini. Harganya sekitar US$ 133 Juta. Satu fakta menarik, superkomputer ini memiliki struktur sel yang nyaris sama dengan mainankomputer anak-anak, Playstation 3. Roadrunner menggunakan prosesor Cell Broadband Engine™, atau Cell B.E. yang diciptakan IBM, Sony, dan Toshiba yang juga digunakan untuk Playstation, walaupun tentu saja dengan ”sedikit” modifikasi baru.

Inilah daftar dari komputer-komputer tercepat di dunia. Minimal yang bisa diketahui oleh publik. Banyak orang yakin, ada komputer-komputer rahasia yang dimiliki pemerintah Amerika yang keberadaannya tidak diketahui umum, dan kecepatannya bahkan jauh lebih cepat dari Roadrunner..

10 Komputer Tercepat di Dunia :

1. ROADRUNNER
BladeCenter QS22/LS21 Cluster, PowerXCell 8i 3.2 Ghz / Opteron DC 1.8 GHz , Voltaire Infiniband. Los Alamos National Laboratory, Amerika.



2. JAGUAR
Cray XT5 QC 2.3 GHz. Oak Ridge National Laboratory, Amerika.

3. PLEIADES
SGI Altix ICE 8200EX, Xeon QC 3.0/2.8 GHz. NASA/Ames Research Center, Amerika.

4. BLUEGENE/L
eServer Blue Gene Solution. Lawrence Livermore National Laboratory, Amerika.

5. INTREPID
Blue Gene/P Solution. Argonne National Laboratory, Amerika.

6. RANGER
SunBlade x6420, Opteron QC 2.3 Ghz, Infiniband. Texas Advanced Computing Center, Amerika.

7. FRANKLIN
Cray XT4 QuadCore 2.3 GHz. NERSC/LBNL, Amerika.

8. JAGUAR
Cray XT4 QuadCore 2.1 GHz. Oak Ridge National Laboratory, Amerika.

9. RED STORM
Sandia/ Cray Red Storm, XT3/4, 2.4/2.2 GHz dual/quad core. NNSA/Sandia National Laboratories, Amerika.

10. DAWNING 5000A
Dawning 5000A, QC Opteron 1.9 Ghz, Infiniband, Windows HPC 2008. Shanghai Supercomputer Center, China.

Minggu, 26 Agustus 2012

Membuat Game Sederhana Dengan Flash untuk Pemula


PENDAHULUAN

Catatan Penulis : Artikel ini aselinya ditulis pada 2006 tapi belum sempat dipublikasikan. Topiknya adalah dasar membuat game dengan Flash dan ActionScript 1. Flash yang dipakai adalah Flash MX (Flash 6) dengan ActionScript versi 1.0. Karena ketika itu ActionScript 2 (apalagi AS3), belum muncul. Walaupun menggunakan flash versi lama, artikel ini tetap bisa diterapkan di versi flash terbaru: CS3, CS4. Sehingga masih relevan untuk dipelajari, terutama bagi pemula :-)
Artikel ini membahas tentang pembuatan game di Flash. Dengan pendekatan langsung praktek dan step-by step. membuat game sederhana bertipe space shooter atau 2D vertical shooter atau Shoot ‘em up. Sebuah jenis permainan yang sudah dikenal semua orang sejak zaman dulu.. masih inget khan ama game 1942 di mesin Arcade atau Raptor zaman DOS dulu?
Tiap2 step dari arikel ini disertai source code fla tersendiri, sehingga anda bisa mengikutinya dengan runtut. Karena setiap step akan membuat file sorce bertambah kompleks dengan modifikasi dari file source sebelumnya.
Mengapa dipilih game bertipe space shooter? Alasannya karena konon dari sisi teknis game tipe ini adalah game action seru yang relatif termudah untuk diimplementasikan.
Bagi pemula, semoga artikel ini dapat membuka wawasan tentang flash gaming.
Flash yang digunakan dalam artikel ini adalah Macromedia Flash MX. Dengan bahasa pemrograman ActionScript 1.0
Sebelum membaca artikel ini, setidaknya anda telah mengenal dan memiliki pengetahuan flash dasar, serta lebih baik lagi adalah pengetahuan dasar ActionScript. Karena inti pembuatan flash game adalah pemrograman ActionScript.
Artikel dibuat berseri sesuai dengan tingkatan. Untuk seri pertama (bagian 1).Akan dijabarkan dasar pembuatan game pesawat dengan gerakan dasar.
Dan untuk pertanyaan, ada yang kurang jelas, kritik, saran, masukan silakan tulis lewat kotak komentar di bawah. Marilah kita belajar bersama..
Ok langsung saja kita mulai.

Menyiapkan Stage & Pembuatan Obyek Utama

Pertama2 kita tentukan ukuran bidang permainan.
kemudian set frame rate-nya (fps). frame rate adalah dalam satuan frame per second (fps). Semakin besar nilainya, maka semakin halus animasinya. Nilai defaultnya 12, Saya ganti dengan 30. Kenapa perlu diganti, karena 12 dirasa terlalu kecil, sehingga gerakan menjadi kurang mulus.
Obyek yang kita kendalikan adalah sebuah pesawat tempur. Jadi sebelumnya kita harus menggambar sebuah pesawat di stage. Emm saya rasa cukup susah menggambar pesawat yang keren kalo cuman dibayangkan aja.. untuk itu Biar bagus, kita butuh model sebagai contoh.
Saya suka model2 pesawat klasik jaman PD II, saya mengambil model salah satu gambar pesawat nazi jerman dari wikipedia, lalu menggambarnya ulang dengan sedikit modifikasi.
oia tidak perlu dibuat detil2 dulu, sederhana aja.. karena nanti pada tahap finishing baru obyek pesawat ini disempurnakan penampilannya. Kita tentu tidak mau membuang2 waktu dengan men-switch otak kita menjadi “designer mode”.. padahal lagi anget2nya dalam “programmer mode”.. hehe
bahkan pesawatnya cukup kotak2 aja, asal udah berbentuk pesawat.. urusan desain bisa dikerjakan belakangan ato kalo anda tidak suka menggambar, bisa diserahkan ke orang lain sebagai desainer.

Menggerakkan Obyek Utama

Ok sekarang mulai tahap menggerakkan obyek
Ubah ukuran pesawat sesuai keinginan (transform) dan konversi ke movieclip, beri nama “pesawat”.
Pada field instance name, beri nama, aku isi dengan nama pesawat_player.
Obyek perlu diberi nama agar bisa dikenali pada saat scripting. pesawat_player adalah instance name dari movie clip.
klik pesawat_player dan buka panel actions, atau tekan F9 (ingat2lah F9 karena nantinya tombol ini sering digunakan), lalu tulis kode berikut:
onClipEvent (enterFrame) {
  if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
 // gerak ke kanan
 this._x = this._x + 4;
  }
  if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
 // gerak ke kiri
 this._x = this._x - 4;
  }
  if (Key.isDown(Key.UP)) {
 // gerak ke atas
 this._y = this._y - 4;
  }
  if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
 // gerak ke bawah
 this._y = this._y + 4;
  }

}

Perhatikan bahwa actionscript adalah case sensitive, artinya kita harus memperhatikan penulisan huruf besar dan kecil pada nama variabel dan kata kunci.
kalo udah, coba jalankan dengan Ctrl+Enter
nah obyek akan dapat digerakkan dengan keyboard. Ini adalah dasar, mudah bukan

Penjelasan Skrip

Penjelasannya begini, tiap2 obyek movieclip punya properti _x, dan _y yang menunjukkan posisi koordinat di layar.
Pada tiap2 kondisi penekanan tombol keyboard, Obyek Key dengan event isDown, maka koordinat obyek ditambahkan/dikurangi 4.
Misalnya jika ke kanan maka this._x = this._x+4;
this menunjukkan obyek itu sendiri, yaitu pesawat_player..
Karena skrip merupakan actions pada pesawat_player, maka current timeline saat itu adalah pesawat_player. this untuk menyebutkan dirinya sendiri, yaitu pesawat_player (current timeline).
jadi this._x maksudnya adalah koordinat _x dari this (pesawat_player)..Ini adalah penyebutan dengan menggunakan relative path.
dalam terminologi pemrograman berorientasi/berbasis obyek, this adalah instansi obyek movieclip dan _x adalah properti atau atribut..
obyek2 membentuk hirarki dengan _root sebagai paling atas
+root
+–pesawat_player
coba ganti baris
this._x = this._x + 4;
dengan
_root.pesawat_player._x = _root.pesawat_player._x + 4;
jalankan dan perhatikan..
_root.pesawat_player adalah absolute path dari Movieclip pesawat_player.
Jika kode kita berada pada pesawat_player (jika current timeline adalah pesawat_player) maka secara relative path, MovieClip pesawat_player cukup disebut dengan this.
Absolute path bersifat relatif terhadap _root, sehingga selalu dimulai dari _root.
apakah penjelasan ini membingungkan anda? bagi anda yang pernah mempelajari pemrograman atau pemrograman OOP sepertinya tidak masalah, tetapi bila tidak lanjutkan saja walaupun masih abu2. Lama-kelamaan kalo terbiasa pasti paham juga..
Demikian bagian 1 dari artikel ini. Bagian selanjutnya akan membahas tentang akselerasi untuk membuat gerakan lebih natural. Tunggu saja di blog ini :-)
Kalo ada pertanyaan ato masukan silakan lewat kolom komentar dibawah.
source:pesawat01_1.fla

Senin, 20 Agustus 2012

Menganalisa Kerusakan Laptop



  • 0
     
Menganalisa kerusakan laptop membutuhkan kejelian dan kesabaran. Jangan terburu-buru memutuskan sebelum melakukan cek secara keseluruhan kondisi laptop anda. Berikut ini adalah beberapa permasalahan laptop yang sering terjadi :
Mati atau Power Failure
Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda.  Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak atau board laptopnya yang rusak. Kemungkinan lain board laptop mati total sehingga menyebabkan laptop mati total sama sekali.
Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar.
Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.
Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.
Masalah Pendinginan Laptop
Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.
Masalah Port dan Konektor Power
Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.
Semoga bermanfaat!


Read more: http://blog.fastncheap.com/menganalisa-kerusakan-laptop/#ixzz247BbrAuk

Cara Memperbaiki Data yang Berada di dvd/cd rusak


Salah satu cara mem-backup data yang sekaligus berguna untuk mengosongkan ruang hard disk komputer Anda yang sudah sesak adalah dengan menyalinnya ke dalam cakram data (baik CD maupun DVD). Fungsi backup sebenarnya adalah demi melindungi data. Namun dengan menyalinnya ke dalam cakram data bukan berarti data Anda terjamin telah terlindungi secara total.
Setelah disalin atau dicadangkan, tentu cakram data harus selalu dirawat dan dilindungi dengan baik. Jika masih sering digunakan, dia dapat saja rusak, tergores, atau luka parah. Sedangkan apabila disimpan saja, ancaman jamur bisa menyerang.
Jika kedua hal di atas terjadi, data terancam hilang. Namun jika kondisinya tidak terlalu parah, Anda masih dapat menyelamatkannya. Caranya yakni dengan menggunakan program data recovery khusus untuk CD/DVD yang banyak tersedia (termasuk untuk keping data bara semacam Blu-ray). Yang gratisan ada, yang berbayar juga tersedia.
  • Salah satu aplikasi gratisan untuk menyelamatkan data yang bisa Anda jajal adalah CD Recovery Toolbox Free. Anda bisa mengunduhnya di www.oemailrecovery.com.  Jika sudah selesai didownload, silakan instal file installernya yang bernama CDRecoveryToolBoxFree Setupexe (berukuran 650Kb).
  • Setelah terinstal, aktifkan aplikasi dari menu Start sambil memasukkan CD/DVD yang hendak diselamatkan ke dalam tray CD/DVD drive. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela utama pada layar. Secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi data yang ada di dalam cakram data tersebut. Pilih nama CD/DVD yang muncul dalam layar program, lalu klik [Next].
  • Pada jendela berikutnya, “Target directory”, tentukan folder untuk menyimpan data hasil penyelamatan dengan mengklik ikon bergambar folder di atas menu “Source drive”. Cari dan pilih folder simpan pada jendela Browse For Folder, lalu klik [OK]. Pastikan informasi di “Source drive” dan “Target drive” sudah benar. Klik [Next] lagi.
  • Program akan mendeteksi isi dalam CD/DVD, baik itu file maupun folder. Anda bisa menyelamatkan semua data yang ada dengan mencentangi direktori optik atau klik [Check All]. Jika hanya ingin menyelamatkan beberapa data saja, hilangkan centang di direktori drive optik, lalu centangi folder atau file yang dihendaki. Klik [Save].
  • Proses penyelamatan data akan ditunjukkan dengan munculnya jendela “Restore log” dan proses yang menunjukkan file-file yang sedang diambil kembali. File yang berhasil diselamatkan akan ditandai dengan keterangan “saved’ berwarna hijau. Jika gagal, ia akan berwarna merah.             
  • Pada jendela terakhir akan muncul keterangan semua file yang berhasil diambil kembali dari cakram data yang rusak. Akhiri dengan mengklik [Exit], lalu periksalah folder simpan hasil recovery apakah sudah terisi file yang berhasil diselamatkan.
Menggunakan CD Recovery Tool Box ternyata sangat membantu kita dalam mengembalikan/menyelamatkan data yang tersimpan di cakram data CD/DVD yang telah rusak.


Read more: http://blog.fastncheap.com/mengembalikan-data-dari-cddvd-rusak/#ixzz2475r2c2d

Cara Memperbaiki Monitor Laptop


Jika anda pernah mengalami Kerusakan Pada Laptop atau pun panik pada saat laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga terburu-buru membawanya ke service centre, padahal software yang corrupt bisa jadi menjadi salah satu penyebabnya.Ada baiknya kita analisa dulu permasalahannya mulai dari permasalahan yang paling ringan.Jika Laptop masih bisa loading masuk ke bios setup.besar kemungkinan permasalahannya hanya pada software saja

Seringkali kerusakan pada notebook/ laptop terjadi karena hardware protect error ( system proteksi) yang memang dirancang oleh hardware manufacture untuk melindungi hardwre terhadap kerusakan ( contoh: intel chipset pada temprature diatas 60 derajat celcius akan memutuskan arus dirinya untuk menghindari over heating).

Sebelum menyimpulkan kerusakan hardware pada notebook/ laptop anda alangkah baiknya melakukan standard analisa kerusakan .

Beberapa gejala yang timbul pada saat notebook memproteksi dirinya dari over heating:

GEJALA 1.Lead power menyala layar tidak tampil
  1. Dinginkan sesaat notebookCabut battrery, nyalakan menggunakan ac adapter
  2. Buka cover( bahagian bawah laptop) memori slot.lepaskan memory kemudian pindahkan ke slot yang lainnya( kalau ada dua slot memory) …untuk beberapa jenis laptop yang hanya mempunyai satu slot memori, lepaskan memori dan pasang kembali.
  3. Buka cover hardisk, lepaskan hard disk dan coba hidupkan kembali.
  4. Sebahagian notebook..procesor dapatdi lihat hanya dengan membuka cover bahagian bawah, dapat pula mencoba step 5 pada procesor
  5. Pasang kembali dan coba hidupkan kembali.
Jika kelima tahapan tersebut diatas sudah dilakukan tetapi notebook masih belum kembali normal, barulah kita dapat menyimpulkan ada masalah dengan hardware notebook anda.

Kerusakan teringan dari gejala tersebut diatas adalah kerusakan pada memory/ sodim.anda cukup mengganti dengan memory yang baru.

Ada beberapa kemungkinan kerusakan yang terjadi akibat gejala-gejala tersebut diatas:
  1. Prosesor ataupun power pendukungnya( APPN)
  2. VGA chip ( APPN)
  3. Motherboard chip ( APPN)
  4. Bios chip( ic epromer)

GEJALA 2.Tidak ada lead( indicator lamp) tidak menyala sama sekali.
Gejala ini timbul akibat tidak adanya tegangan( arus listrik) yang masuk atau terputusnya tegangan diakibatkan kerusakan pada component power……….

sebelum menyimpulkan kerusakan pada component power sebaiknya anda melakukan analisa ringan yang bisa anda lakukan sendiri.
  • Ganti Adapter/ kabel power dengan yang sejenis untuk memastikan kerusakan tejadi pada adaptor/ kabel atau pada laptop anda.
  • Lepaskan Battery .untuk memastikan tidak ada gangguan yang terjadi akibat kerusakan pada battery laptop anda.
  • Perhatikan lead( indacator lamp) pada adapter apakah menyala normal atau berkedip-kedip( drop). Jika ini terjadi, sdh dapat dipastikan masalah terjadi pada ic component power laptop anda.sebaiknya langsung menghubungi service centre terdekat.. 
  • Semoga Artikel ini bisa membantu sahabat


Sumber: http://www.acehsaya.com/2012/01/cara-memperbaiki-laptop-rusak-power.html#ixzz244Epwt57

Jumat, 17 Agustus 2012

Membuat Gif atau animasi menggunakan software gratis


Membuat animasi gif menggunakan software gif creator gratis. Dengan software gratis GIF animator, dapat dibuat animasi sederhana yang bisa digunakan sebagai banner untuk menghias blog, atau banner untuk pasang iklan di website. Software GIF animator ini membutuhkan beberapa gambar (sebaiknya gunakan gambar yang berukuran sama agar tampilan animasinya lebih bagus). Hasil animasi dalam format gif.

Untuk menggunakan software gif animator ini sangat mudah:
1. Klik tombol Add untuk menambah gambar yang akan diproses menjadi animasi

2. Pilih gambar yang tersedia di hardisk komputer
3. Setelah List file terisi, klik tombol Create

Untuk melihat hasil animasinya klik tombol View , kemudian browse direktori tempat anda menyimpan output animasi.

Download software animasi gif  gratis disini free gif creator

Cara Mengetahui Foto Palsu atau Asli dengan Properti Windows 7


Saat ini banyak beredar foto palsu di internet. Bagaimana cara termudah mendeteksi bahwa foto tersebut asli atau atau sudah teredit atau mungkin gambar tersebut palsu. Sebelum melanjutkan postingan ini perlu dibuat kesepakatan dengan teman-teman pengunjung tentang istilah foto tersebut yang akan saya gunakan dalam postingan ini. Ada 3 kategori photo yang akan digunakan dalam mendukung bahasan kali ini :
1. Foto asli , adalah foto yang benar-benar hasil jepretan langsung dari kamera pocket /kamera digital atau kamera handphone. (foto ini dapat dideteksi langsung menggunakan system file properties windows xp /windows seven).
2. Foto asli namun sudah teredit (Foto editan), objek yang ada pada gambar masih asli namun mungkin sudah di crop /dipotong beberapa bagian sehingga ukurannya berbeda dengan foto aslinya.
3. Foto palsu merupakan hasil modifikasi/manipulasi dari  foto asli menggunakan software pengolah grafis seperti adobe photoshop, paintshop,corel  atau software pengolah images lainnya.

Secara umum dengan menggunakan system file properties windows 7/XP kita hanya bisa membedakan dua kategori yaitu foto asli (karena meta datanya masih lengkap), dan foto editan (karena meta datanya sudah tidak lengkap lagi). Foto editan tersebut bisa menjadi acuan kita untuk menentukan apakah foto tersebut asli atau palsu. Untuk menentukan foto tersebut adalah foto asli yang telah teredit atau 100% photo palsu masih perlu dilakukan beberapa analisa visual dan analisa digital lanjutan menggunakan software pengolah images.

Dalam postingan ini hanya diuraikan saja bagaimana melacak/mengecek foto yang mungkin beredar di internet tersebut adalah murni 100% asli, atau foto tersebut kemungkinan asli /kemungkinan palsu silahkan lihat gambar berikut.



1. Jika anda disuguhkan foto seronok , teman-teman check dulu keabsahan foto tersebut jangan langsung percaya :


2.Untuk pengguna Windows XP
Buka windows explorer, cari file gambar yang akan di check keasliannya 

3. Di kotak dialog Properties pilih tabulasi Summary
Klik tombol Advanced

4. Akan tampil seperti di bawah ini
Karena gambar ini asli maka akan tercantum atribut : Width, Height, Equipment make : Nokia, Camera Model N70-1, lengkap dengan Color representation, Shutter Speed, Lens Aperture, Flash Mode, tanggal pengambilan gambar dan berbagai data atribut lainnya.
Dapat dipastikan bahwa gambar kartu three dan modem di atas difoto menggunakan kamera Nokia N70 pada tanggal seperti yang tercantum (jika tanggalnya keliru mungkin karena jam hp saya tereset ke tanggal default akibat bateray power terlepas, sebelum melakukan jepret gambar).

5. Untuk pengguna windows 7 , langkahnya sama seperti di atas,
a.Buka windows explorer
Selanjutnya klik kanan pada salah satu gambar yang akan di cek keaslian foto-nya
Di kotak dialog File properties , pilih tabulasi Detail , hasilnya seperti gambar berikut:
Catatan:
Foto ini dijepret menggunakan kamera digital Samsung Digimax A503. Gambar tersebut dijamin 100% asli. Tanggal pengambilan gambar 9/10/2008.

6. Bagaimana jika foto tersebut telah mengalami editan atau telah dimodifikasi, maka di sistem file properties akan tampak seperti di bawah ini


Properties gambar yang telah diedit/dimodifikasi hanya ada data Width, Height, horizontal resolution, Vertical resolution, Frame count . Gambar dwngan propertiesseperti di atas patut dicurigai 50% asli atau 50% palsu. Untuk menguji 100% palsu harus dilakukan analisis visual atau analisis digital lanjutan .

Dengan menggunakan system properties file windows 7/XP setidaknya kita dapat mengetahui secara awal foto yang beredar adalah 1000% asli atau telah teredit, tanpa perlu bingung menggunakan software pendeteksi keaslian gambar.

Salahsatu software gratis yang fungsinya hampir sama dengan system properties windows adalah JPEG SNOOP, Link downloadnya bisa dilihat di bawah ini
http://www.impulseadventure.com/photo/jpeg-snoop.html