Translate

Senin, 20 Agustus 2012

Cara Memperbaiki Monitor Laptop


Jika anda pernah mengalami Kerusakan Pada Laptop atau pun panik pada saat laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga terburu-buru membawanya ke service centre, padahal software yang corrupt bisa jadi menjadi salah satu penyebabnya.Ada baiknya kita analisa dulu permasalahannya mulai dari permasalahan yang paling ringan.Jika Laptop masih bisa loading masuk ke bios setup.besar kemungkinan permasalahannya hanya pada software saja

Seringkali kerusakan pada notebook/ laptop terjadi karena hardware protect error ( system proteksi) yang memang dirancang oleh hardware manufacture untuk melindungi hardwre terhadap kerusakan ( contoh: intel chipset pada temprature diatas 60 derajat celcius akan memutuskan arus dirinya untuk menghindari over heating).

Sebelum menyimpulkan kerusakan hardware pada notebook/ laptop anda alangkah baiknya melakukan standard analisa kerusakan .

Beberapa gejala yang timbul pada saat notebook memproteksi dirinya dari over heating:

GEJALA 1.Lead power menyala layar tidak tampil
  1. Dinginkan sesaat notebookCabut battrery, nyalakan menggunakan ac adapter
  2. Buka cover( bahagian bawah laptop) memori slot.lepaskan memory kemudian pindahkan ke slot yang lainnya( kalau ada dua slot memory) …untuk beberapa jenis laptop yang hanya mempunyai satu slot memori, lepaskan memori dan pasang kembali.
  3. Buka cover hardisk, lepaskan hard disk dan coba hidupkan kembali.
  4. Sebahagian notebook..procesor dapatdi lihat hanya dengan membuka cover bahagian bawah, dapat pula mencoba step 5 pada procesor
  5. Pasang kembali dan coba hidupkan kembali.
Jika kelima tahapan tersebut diatas sudah dilakukan tetapi notebook masih belum kembali normal, barulah kita dapat menyimpulkan ada masalah dengan hardware notebook anda.

Kerusakan teringan dari gejala tersebut diatas adalah kerusakan pada memory/ sodim.anda cukup mengganti dengan memory yang baru.

Ada beberapa kemungkinan kerusakan yang terjadi akibat gejala-gejala tersebut diatas:
  1. Prosesor ataupun power pendukungnya( APPN)
  2. VGA chip ( APPN)
  3. Motherboard chip ( APPN)
  4. Bios chip( ic epromer)

GEJALA 2.Tidak ada lead( indicator lamp) tidak menyala sama sekali.
Gejala ini timbul akibat tidak adanya tegangan( arus listrik) yang masuk atau terputusnya tegangan diakibatkan kerusakan pada component power……….

sebelum menyimpulkan kerusakan pada component power sebaiknya anda melakukan analisa ringan yang bisa anda lakukan sendiri.
  • Ganti Adapter/ kabel power dengan yang sejenis untuk memastikan kerusakan tejadi pada adaptor/ kabel atau pada laptop anda.
  • Lepaskan Battery .untuk memastikan tidak ada gangguan yang terjadi akibat kerusakan pada battery laptop anda.
  • Perhatikan lead( indacator lamp) pada adapter apakah menyala normal atau berkedip-kedip( drop). Jika ini terjadi, sdh dapat dipastikan masalah terjadi pada ic component power laptop anda.sebaiknya langsung menghubungi service centre terdekat.. 
  • Semoga Artikel ini bisa membantu sahabat


Sumber: http://www.acehsaya.com/2012/01/cara-memperbaiki-laptop-rusak-power.html#ixzz244Epwt57

0 komentar:

Posting Komentar