Translate

Rabu, 15 Agustus 2012

Tugas Bahasa Indonesia Drama



Tugas Drama Bahasa Indonesia 
Kegiatan belajar mengajar  telah dimulai ,tapi dyah ,olive ,rose baru datang kedalam kelas .
Bu Haetami  :Ratna...kemana teman kamu yang lain ,kenapa belum datang ?
Ratna : Saya tidak tahu bu,,mungkin mereka kena macet dijalan.
Bu Haetami : iya sudah, ibu minta tolong! Kamu kumpulkan tugas yang kemarin ibu kasih dan taruh di meja ibu.
Ratna : baik bu,,

Tidak lama kemudian olive ,dyah ,rose datang
Olive,dyah,rose : pagi bu...
Bu Haetami : pagi..kemana saja kalian jam segini baru datang?
Rose : macet bu.
Olive : iya bu ,macet banget,,
Bu Haetami : alasan saja kalian , sudah berapa kali kalian terlambat dijam pelajaran saya!
Dyah : gak tahu tuh bu,,,saya gak ngitungin. (sambil tertawa)
Bu Haetami : kenapa kamu ketawa? Berani kamu sama saya?? (mengahampiri dyah,rose,olive)
Ratna : bu tugasnya ditaruh dimana?
Bu Haetami : taruh di meja saya aja.
Ratna : baik bu.

            Dan tiba-tiba dyah menyelengkat kami ratna sampai terjatuh
Dyah : uuppppss..kalau jalan yang bener dong.(sambil tertawa ngeledek)
Olive : tahu loe..kalo jalan pake mata.
Bu Haetami : apa-apaan kalian,?kamu tidak kenapa-kenapa ratna? (sambil membantu berdiri)
Ratna : tidak bu,saya gak kenapa-kenapa..mungkin saya kurang hati-hati.
Rose : alasan aja tuh bu,,paling cuma cari perhatian ibu aja.
Bu Heatami : diam kamu, ibu akan buat hukuman buat kalian.
Dyah : yah bu hari gini masih ada hukuman,masih jaman apa bu!
Rose : uhh atut (dengan suara manja).
Bu Haetami : diam kalian..mau ibu tambah hukumannya?jam istirahat ibu tunggu kalian diruangan ibu. (sambil meninggalkan kelas)

            Saat jam istirahat, olive,dyah dan rose pun mendapat hukuman dari bu haetami  untuk mengerjakan tugas bahasa inggris dan bu haetami berniat membicarakannya dengan kepala sekolah.
            Di ruang kepala sekolah  Bu Haetami membicarakan tentang kelakuan dyah, olive, dan rose kepada kepala sekolah.
Bu haetami : Pagi pak, saya ingin memberitahukan kalau dyah, olive, dan rose sering sekali telat pada jam pelajaran saya.
Kepala Sekolah : Tidak mungkin, meraka selalu berangkat lebih awal dari saya, jadi tidak mungkin mereka telat.
Bu Haetami : Benar Pak, malah tadi dyah sempat membuat ratna terjatuh.
Kepala Sekolah : Memang apa yang sudah dia perbuat ?
 Bu Haetami : Dia menyelengkat kaki ratna sampai terjatuh, bahkan saya juga sering mempregoki mereka sedang mengejek ratna dan anak-anak lain.
Kepala Sekolah : Saya tidak bisa percaya begitu saja dengan apa yang ibu bilang. Tapi saya akan menyelidikinya.
Bu Haetami : Baik pak, tapi saya harap bapak dapat mempertimbangkan kalau memang mereka bersalah. Saya permisi dulu. (Bu Haetami pun pergi dari ruang kepala sekolah)
           
Dan secara diam-diam pun kepala sekolah menyelidiki kelakuan dyah, olive, dan rose.
Dyah, olive, dan rose sedang berbicara dan menuju ke kantin.

Dyah : Ahh, rese tuh guru gak tau apa gw siapa, liatin aja gw bakal bikin perhitungan sama dia.
Olive : Bener  tuh, dia kira kita mau gitu ngerjain tugas yang dia kasih
Rose : Eheh ,gw ada ide ne, lu liat deh siapa yang duduk di sana. (menunjuk ke arah ratna dan arif yang sedang makan dikantin)
Olive : Itu kan meja kita, mau ngapain dia di situ ? (menuju meja tempat ratna dan arif)
Dyah : 2 anak kampung ngapain lu di sini ?, lu tau kan gak ada yang boleh duduk di sini selain gw.
            Tiba-tiba Tomi dan Rizq datang. (mereka adalah teman dari dyah, olive, dan rose)
Tomi : Ada apa ini?, dan ngapain ini anak ada di sini? (menghampiri mereka)
Rose : Ne anak udah tempatin meja kita.
Tomi : Ehh, lu tau kan kita ini siapa? Mending sekarang lu pergi deh dari sini. (mengusir ratna dan arif)
Arif : Ini kan kantin, siapa aja berhak buat duduk di sini.
Rizq : Loe tuh denger gak seh, ini tuh tempat kita jadi mending sekarang loe pergi jauh-jauh dari sini.      (memaksa mereka untuk pergi)
Ratna : Ayo Rif lebih baik kita pergi dari sini.(membujuk arif untuk pergi)
Arif : Biar aja rat, kita kan udah duluan duduk di sini. Biar mereka aja yang pergi.
Dyah : Pergi lu dari sini, Cepet...(sambil memukul meja dan berteriak)
Ratna : Ayo kita pergi.
         
Akhirnya ratna dan Arif pergi dari sana, tapi tiba-tiba dyah memanggil ratna.
Dyah : Tunggu sebentar.
Arif : mau apa lagi lu?(berhenti danmenoleh ke dyah)
Dyah : Gw ada urusan iya sama lu, mending lu pergi.
         
“Rat sini lu”.(memanggil ratna dengan sinis)
Arif : Jangan mau Rat, dia pasti Cuma mau ngerjain kamu.(melarang Ratna untuk menghampiri dyah)
Olive : Diem lu rif, gak ussah ikut campur.
Ratna : Gw gak apa-apa kok rif, lu pergi aja.(menyuruh arif untuk pergi).
Arif : Bener lu gak apa-apa?, iya sudah aku duluan iya.
Rose : Udah cepet lu pergi, bawel banget lu.
Ratna : memang ada apa diy ?
Dyah : Lu tau kan gw di hukum sama Bu Haetami dan gw mau lu kerjain tuh semua tugas yang dia kasih buat kita.
Ratna : Tapi kan ini tugas kalian dari Bu Haetami.
Olive : Jadi lu nolak permintaan temen gw?
Ratna : Bukannya gitu, aku gak amau aja kalau nanti kalian ketauan kalian akan dimarahi lagi sama bu haetami.
Dyah : Lu gak usah sok baik deh, mending sekarang lu kerjain ini tugas. Sepulang sekolah semuanya harus udah selesai.(sambil menyerahkan tugasnya)
Ternyata Kepala Sekolah yang bukan lain adalah Papah dari Dyah melihat kejadian itu.
Kep.Sek : Dyah apa yang kamu lakukan disini ?(menghampiri mereka)

Dyah : Aku gak ngapa-ngapain kok pah.(dengan tersenyum berharap Kep.Sek/papahnya tidak   melihat kejadian tadi)
Kep.Sek : Ikut papah sekarang.(pergi meninggalkan mereka)

          Diruangannya Kep.Sek membicarakan masalah yang terjadi di kantin.

Kep.Sek : Papah gak nyangka iya kamu bisa berbuar seperti itu, kamu itu anak papah ! Papah kecewa  sama kamu.
Dyah : Pah aku gak berbuat apa-apa.(mencoba membela diri)
Kep.Sek : Diam kamu, papah udah tao semuanya. Kamu harus minta maaf ke Ratna dan kerjakan tugasmu sendiri.
Dyah : Tapi pah,,
Kep.Sek : Gak ada tapi-tapian. Papah mau kamu minta maaf titik.(memotong pmbicaran dyah, dan memaksanya untuk minta maaf ke ratna.

          Dyah merasa sangat kesal ,bukannya minta maaf dyah malah berniat untuk mengerjai ratna. Saat jam pelajaran berakhir, mereka menuju parkiran.
Dyah : Sial, bokap nyuruh gw minta maaf ke anak kampung itu..
Rose : Apa?, iigh gak banget deh. Terus lu mau gitu minta maaf ke dia ?
Dyah : Iya egga lah, gila aja lu.
Olive : Terus lu mau apain tuh anak ?(penasaran)
Dyah : Liat aja gw bakal bikin peritungan sama dia.(senyum sinis)
Rose : tu orangnya dateng.(menunjuk ke arah ratna yang sedang berjalan sendirian)
Dyah : Oke siap, ayo masuk mobil.(mereka masuk mobil dan berniat untuk mencelakakan ratna)
Olive : Lu yakin mau ngelakuin ini, ntar kalo dia kenapa-kenapa gimana?(cemas)
Dyah : Udah lu tenang aja, gw cuma mau bikin dia kapok punya masalah sama kita.
           
Dyah pun mengendarai mobilnya dan mencoba untuk menyerempet ratna yang sedang berjalan, tapi tiba-tiba Kep.Sek melihat kejadian tersebut dan berusaha untuk menolong ratna. Akhirnya bukan ratna yang terserempet mobil dyah, melainkan Kep.Sek atau Papahnya sendiri.

Dyah : Papah..........!(teriak histeris)
Olive : Diy, bokap lu. Gw bilang juga apa.
Dyah : Udah diem lu, cepet keluar  bantuin gw. Lu rose cepat telpon ambulan.(panik dan merasa bersalah)

Kep.Sek pun segera dibawa ke Rumah Sakit. Tidak lama kemudian Kep.Sek siuman, dyah pun menyesal dengan apa yang telah dia perbuat.

Dyah : Papah maafin aku, aku gak ada maksud buat nyelakain papah.
Kep.sek : Papah mau tanya sama kamu, kenapa kamu mau mencelakai ratna ?
Dyah : Aku benci pah sama dia, dia sering sekali dipuja-puji oleh semua guru, tapi kenapa aku egga? Aku kan anak papah. Bahkan papah pun sering sekali memuji dia.(dyah merasa iri dengan ratna)
Kep.Sek :seharusnya kamu jangan seperti itu, kalau memang kamu ingin dipuji-puji juga seperti ratna. Kamu berusaha dan belajar lebih giat lagi. Jangan ulangi lagi apa yang kamu lakukan

          Oliv, Rizq,Tomi,Rose pun datang mengunjungi kepsek .
Oliv : Malem om !
Kep.Sek : Malem, masuk sini .
Mereka : Iya, Om...
Rose : giman keadaannya om, udah baikan .
Kep.Sek : Alhamdullilah sudah. Oea om ingin minta sesuatu kepada kalian .
Oliv : Minta apa om ?
Kep.Sek : Om,, Mau kalian semua minta maaf ke Ratna dan berteman baik sama dia.
Dyah : Apa pah ? gak mungkin banget kali pah. Masa aku minta maaf ke dia .
Kep.Sek : Pokoknya papah mau qm minta maaf ke dia, kalian dengarkan om mau kalian besok minta maaf ke dia , dan bawa dia ke sini.
Rizq : Baik om besok saya akan bawa dia kesini.
Kep.Sek : Dyah,,Kamu mau kan nurutin kata papah
Dyah : Ia Pah, Besok aku akan minta maaf ke dia.

          Besoknya disekolah Ratna sedang duduk di taman sekolah dan mereka menghampirinya

Dyah : Rat, gw pengen ngomong sesuatu sama lu.
Ratna : Mau ngomong apa ! Oea gimana Kep.sek keadaannya gx papa kan ?
Dyah : iya bokap gw gx papa, oea gw sama temen-temen gw mau minta maaf ke lu,
Ratna : minta maaf buat apa ! Kalian kan tidak punya salah apa-apa ke aku .
Oliv : kita kan udah sering jahatin elu .
Rizq : Iya Rat, kita ingin minta maaf ke lu .
Ratna : Ia aku udah maafin kalian qo .
Dyah : makasih Rat,, Ternyata selama ini gw udah salah nilai lu
Ratna : Iya dyah gx papa qo .
Tomi : yaudah ayo, sekarang kita kerumah sakit. Kemarin om Edo nyuruh kita kesana .
Dyah : Rat, lu ikut ya kesana .
Ratna : gx usah, entar aku malah ngerepotin kalian .
Oliv : gx qo, orang kemarin om edo yang nyuruh kamu ikut .
Rizq : Iya, Ayo lu ikut aja

          Mereka pun pergi ke rumah sakit bersama-sama

Dyah : siang pah.
Kep.sek: siang,gimana kamu sudah minta maaf belum ke ratna.
Dyah : sudah pah,ini ratna ikut sama kita.
Ratna : siang pak.
Kep.sek : siang,benar kamu sudah baikan sama mereka,dan mereka sudah minta maaf ke kamu.
Ratna : sudah pak,sudah lama saya maafin mereka.
Kep.sek : bagus kalau gitu,om senang kalau kalian bisa akur kaya gini.jangan sampai kalian bertengkar lagi ya..itu pesan om 
Dyah : iyah pah...
Mereka : baik om............



0 komentar:

Poskan Komentar