“Pengembangan
kurikulum dapat memenuhi unsur untuk menjadikan peserta didik menjadi gemar
belajar, gemar bersosialisasi, dan gemar berkarya” (Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Anies Baswedan, 2014).
Kurikulum merupakan metode belajar yang diterapkan pada siswa di
sekolah. Kurikulum mempunyai pengaruh besar terhadap proses belajar mengajar.
Proses belajar mengajar yang diinginkan oleh siswa tidak adanya tekanan.
Sehingga siswa merasa seperti berada di taman belajar. Bapak Pendidikan
Indonesia Ki Hadjar Dewantara berpesan :
“Dalam pengembangan kurikulum tempatkan sekolah sebagai taman belajar yang
menyenangkan bagi peserta didik,”.
Perkembangan
kurikulum tidak luput dari pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
tidak hanya merupakan sebuah kekuatan yang potensial namun telah menjadi salah
satu penentu keberhasilan dalam persaingan antar bangsa di berbagai bidang.
Dalam ketatnya persaingan tersebut, faktor SDM menjadi perhatian yang utama,
hal ini dikarenakan secanggih apapun teknologi yang dimiliki, tidak akan
memberikan hasil yang optimal apabila SDM yang ada belum dibekali dengan
kompetensi, profesionalisme, dan kreativitas yang diperlukan dalam
mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ilmu
pengetahuan dan teknologi merupakan sarana dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
yang sudah ada. Hal itu pun tidak luput dari pengaruh globalisasi dan kemajuan
Iptek. Berbagai pendekatan dan sarana pembelajaran semakin berkembang seiring
dengan tumbuhnya kesadaran dan keinginan untuk mengoptimalkan potensi unik yang
dimiliki setiap siswa. Salah satu model pembelajaran yang dianggap sesuai dan
mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi adalah E-learning.
E-learning memadukan
potensi yang ada dalam ilmu pengetahuan dan mengemasnya melalui sarana
teknologi yang canggih, sehingga baik ilmu pengetahuan maupun teknologi yang
digunakan akan terus berkembang dalam proses pemanfaatannya. Dengan demikian
pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran merupakan salah
satu perkembangan yang tidak hanya terjadi dalam bidang pendidikan, namun juga
dalam bidang teknologi. E-learning akan terus berkembang seiring dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Aplikasi E-learning pun kian luas hampir mencangkup seluruh aspek kehidupan
modern.
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2014 Pengembangan Kurikulum www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/3667
Hartoyo.2010 Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran
Bahasa Pelita Insani Semarang
0 komentar:
Posting Komentar